Bagikan:

JAKARTA - Nvidia  mengumumkan bahwa platform chip kecerdasan buatan (AI) generasi terbarunya akan diberi nama Rubin dan akan diluncurkan pada tahun 2026. Pengumuman ini disampaikan oleh CEO Nvidia, Jensen Huang, pada acara Computex di Universitas Nasional Taiwan, Taipei, pada  Minggu, 2 Juni.

"Keluarga chip Rubin akan mencakup prosesor grafis (GPU) dan prosesor sentral (CPU) baru, serta chip jaringan," ungkap Huang. Namun, Huang belum memberikan banyak rincian lebih lanjut mengenai produk tersebut.

Prosesor CPU baru akan dinamai Versa, sementara chip grafis baru yang digunakan untuk mendukung aplikasi AI akan dilengkapi dengan memori bandwidth tinggi generasi berikutnya yang diproduksi oleh perusahaan seperti SK Hynix, Micron, dan Samsung.

Huang juga mengumumkan bahwa Nvidia sekarang berencana merilis keluarga chip AI baru setiap tahun, mempercepat jadwal rilis sebelumnya yang sekitar setiap dua tahun sekali.

Dengan menguasai sekitar 80% pasar chip AI, Nvidia berada dalam posisi unik sebagai pemberdaya terbesar sekaligus penerima manfaat utama dari perkembangan AI yang pesat.