JAKARTA - Teleskop James Webb milik NASA telah mencapai penemuan monumental dengan mengidentifikasi galaksi terjauh yang pernah diamati, bernama JADES-GS-z14-0. Cahaya dari galaksi ini telah melakukan perjalanan sekitar 13,5 miliar tahun untuk mencapai kita, yang berarti cahaya ini memulai perjalanannya hanya 300 juta tahun setelah Big Bang.

Penemuan ini menawarkan wawasan yang belum pernah terjadi sebelumnya ke dalam alam semesta awal, menyoroti kemampuan teleskop senilai 10 miliar dolar AS (Rp162,5 triliun) ini.

Detail Utama Penemuan

• Jarak dan Usia: JADES-GS-z14-0 adalah galaksi terjauh yang pernah ditemukan sejauh ini, dengan cahayanya melakukan perjalanan sekitar 13,5 miliar tahun untuk mencapai Bumi. Ini menunjukkan bahwa galaksi ini terbentuk ketika alam semesta baru berusia sekitar 300 juta tahun.

• Ukuran: Galaksi ini memiliki ukuran sekitar 1.600 tahun cahaya. Meskipun ukurannya cukup besar untuk tahap awal alam semesta, galaksi ini masih relatif kecil dibandingkan dengan Bima Sakti kita, yang memiliki diameter sekitar 100.000 tahun cahaya.

• Kecerahan: Galaksi ini terkenal karena ukurannya dan kecerahannya, terutama karena jumlah cahaya yang sangat besar yang dihasilkan oleh bintang-bintang mudanya. Karakteristik ini membuat JADES-GS-z14-0 menjadi luar biasa dan signifikan bagi para astronom yang mempelajari alam semesta awal.

Kemampuan dan Metodologi James Webb

Teleskop James Webb, yang ditempatkan dekat titik Lagrange kedua (L2) sejauh satu juta mil dari Bumi, memanfaatkan kemampuan inframerahnya yang canggih untuk melihat ke masa lalu. Dengan menangkap cahaya yang telah melakukan perjalanan miliaran tahun, teleskop ini memberikan gambaran tentang bagaimana galaksi terlihat dalam masa mudanya.

• Pengamatan Inframerah: Kemampuan teleskop untuk mendeteksi cahaya inframerah sangat penting. Ketika alam semesta mengembang, cahaya dari galaksi yang jauh diregangkan, beralih ke bagian spektrum inframerah. Instrumen James Webb dirancang untuk menangkap cahaya yang beralih ini dengan kejelasan yang belum pernah ada sebelumnya.

• Analisis Kimia: Dengan memecah cahaya menjadi warna-warna penyusunnya, para astronom dapat mempelajari komposisi kimia galaksi yang jauh. Untuk JADES-GS-z14-0, terdeteksi sinyal hidrogen yang kuat, yang menunjukkan adanya gas primordial dari alam semesta awal.

Signifikansi dan Implikasi Masa Depan

Penemuan JADES-GS-z14-0 adalah tonggak penting dalam pemahaman kita tentang alam semesta awal. Data yang diperoleh dari galaksi ini memberikan wawasan tentang pembentukan dan evolusi bintang dan galaksi pertama. Ini juga membuka kemungkinan untuk menemukan lebih banyak galaksi seperti ini, yang semakin mendorong batas sejauh mana kita dapat mengamati masa lalu.

• Penemuan Ekstragalaksi: Seperti yang dinyatakan oleh Brant Robertson, seorang astronom di University of California, Santa Cruz, penemuan ini dianggap sebagai penemuan ekstragalaksi paling signifikan dengan Teleskop Luar Angkasa James Webb hingga saat ini. Ini menunjukkan adanya lebih banyak harta karun tersembunyi di alam semesta awal yang dapat ditemukan oleh teleskop ini.

• Eksplorasi Fajar Kosmis: Selama dua tahun terakhir, James Webb telah mengeksplorasi periode "fajar kosmis", periode dalam beberapa ratus juta tahun pertama setelah Big Bang ketika galaksi pertama terbentuk. Pengamatan ini sangat penting untuk memahami bagaimana alam semesta awal bertransisi dari keadaan yang didominasi oleh gas menjadi satu yang dipenuhi dengan bintang dan galaksi.

Penemuan JADES-GS-z14-0 oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb merupakan tonggak penting dalam astrofisika. Ini tidak hanya menunjukkan kemampuan canggih teleskop ini, tetapi juga menyediakan data yang sangat berharga tentang struktur dan komposisi alam semesta awal. Seiring teleskop ini terus mengeksplorasi kosmos yang jauh, kita dapat mengharapkan lebih banyak penemuan terobosan yang akan meningkatkan pemahaman kita tentang asal-usul dan evolusi alam semesta.