Bagikan:

JAKARTA - Anthropic  segera merilis fitur baru untuk chatbot AI mereka, Claude, yang memungkinkan siapa pun untuk membuat asisten email, bot untuk membeli sepatu, atau solusi personalisasi lainnya. Fitur ini disebut "penggunaan alat" (atau yang lebih teknis "pemanggilan fungsi"), dan dapat terhubung ke berbagai API eksternal yang dipilih pengguna.

Dengan fitur ini, Claude dapat menganalisis data untuk memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi berdasarkan riwayat pembelian pengguna atau memberikan tanggapan cepat terhadap pertanyaan pelanggan, seperti pelacakan status pesanan atau penawaran dukungan teknis secara real-time. Untuk membuat asisten, yang dibutuhkan hanyalah akses ke API dan seseorang yang menguasai pemrograman.

Selain itu, fitur ini juga dapat bekerja dengan gambar, memungkinkan aplikasi yang menganalisis data visual. Salah satu contoh yang diberikan oleh Anthropic adalah konsultan desain interior virtual yang menggunakan fitur ini untuk memproses gambar ruangan dan memberikan saran dekorasi yang dipersonalisasi.

Asisten AI ini akan tersedia melalui Anthropic’s Messages API, Amazon Bedrock, dan Google Vertex AI. Harga berbasis pada volume teks yang diproses oleh Claude, diukur dalam "token." Selama fase beta, sebagian besar pengguna memilih opsi tercepat dan paling terjangkau dari Anthropic, yaitu Haiku, yang harganya sekitar 25 sen per juta token input dan  1,25 dolar AS per juta token output.

Menurut Dianne Penn, pemimpin proyek di Anthropic, tim telah melakukan uji coba beta pada alat Claude sejak April dengan beberapa ribu pelanggan. Dia mengantisipasi beberapa solusi startup menarik: salah satu pelanggan yang disorot adalah Study Fetch, yang menggunakannya untuk membangun tutor AI yang dipersonalisasi bernama Spark.E.

Asisten AI atau agen  tampaknya menjadi arah yang akan diambil teknologi ini. Di Google I/O, perusahaan pencarian tersebut mengungkapkan berbagai cara untuk membiarkan Google melakukan belanja dan pencarian untuk Anda menggunakan AI.

Di OpenAI, perusahaan sedang mengerjakan asisten suara ala Her yang dapat memberikan respons secara real-time dan mengamati dunia di sekitar Anda.

Rilis Anthropic dari alat baru ini memungkinkan orang untuk membuat berbagai asisten sesuai kebutuhan mereka, dengan atau tanpa bantuan Google dan OpenAI.