Cara Menemukan Ponsel Android yang Hilang Menggunakan Find My Device Google
Mencari ponsel Android yang hilang (foto: dok. Google)

Bagikan:

 

JAKARTA – Saat ini, ponsel sudah menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Pasalnya, perangkat ini menyimpan banyak informasi dan data. Jika ponsel Anda menghilang, hal ini bisa menyebabkan masalah.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada cara untuk menemukan ponsel yang hilang, khususnya jika perangkat yang Anda gunakan adalah Android. Mengutip dari Makeuseof, Anda bisa mencari ponsel tersebut menggunakan laptop.

Pertama, buka situs web Find My Device dari browser apa pun yang sudah tersambung dengan akun Google. Setelah itu, masuk ke dalam akun Google yang tertaut ke ponsel Anda, kemudian klik perangkat yang sesuai di sidebar kiri.

Find My Device akan menampilkan lokasi perangkat yang Anda pilih. Layanan ini juga akan menampilkan status yang sangat berguna seperti masa pakai baterai, kapan terakhir kali perangkat online, dan peta akan otomatis diperbarui sesuai lokasi.

Jika ponsel yang hilang berada tidak jauh dari lokasi Anda saat ini, Anda bisa menggunakan fitur Putar Suara. Saat menggunakan fitur tersebut, ponsel akan berdering sehingga Anda bisa menemukan ponselnya dengan mudah.

Namun, jika ponsel Anda hilang karena dicuri atau tertinggal di suatu tempat, Anda bisa mengaktifkan fitur Perangkat Aman. Dengan menggunakan fitur tersebut, perangkat Anda akan terkunci dan tidak ada orang yang bisa mengakses ponselnya.

Tindakan ini akan membantu Anda dalam mengamankan informasi dan data yang tersimpan di ponsel. Meski perangkat terkunci, Anda tetap bisa melacak lokasinya ponselnya. Peta akan terus diperbarui hingga baterai dari ponselnya habis.