Bagikan:

JAKARTA - Pada Selasa, 12 Maret, pemerintahan Presiden AS, Joe Biden, merilis jadwal waktu yang detail untuk mempelajari spektrum pemerintah yang signifikan dengan tujuan membantu memperluas penggunaan teknologi nirkabel dan lainnya.

Badan Telekomunikasi Nasional dan Administrasi Informasi Departemen Perdagangan (NTIA), yang pada bulan November mengumumkan langkah-langkah untuk memanfaatkan kembali spektrum yang saat ini disediakan untuk bagian-bagian pemerintah federal, mengatakan bahwa mereka menetapkan jadwal waktu yang detail untuk mempelajari beberapa band spektrum termasuk "potensi untuk pengemasan ulang, kompresi, dan relokasi radar udara dan sistem federal lainnya di Bawah 3 GHz untuk memungkinkan penggunaan komersial."

Studi Bawah 3 GHz diperkirakan akan selesai pada Oktober 2026 begitu pula dengan studi tentang band spektrum 7/8 GHz.

"Kita harus memberikan akses spektrum yang dibutuhkan untuk misi agensi federal sambil mengatasi kebutuhan sektor swasta akan akses spektrum yang lebih besar, yang diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan daya saing global kita serta mendukung pertumbuhan ekonomi," menurut rencana implementasi yang pertama kali dilaporkan oleh Reuters.

"Spektrum" ini mengacu pada rentang frekuensi gelombang elektromagnetik yang digunakan untuk berbagai keperluan komunikasi nirkabel, termasuk telepon seluler, Wi-Fi, radio, dan sebagainya. Spektrum ini diatur dan dikelola oleh pemerintah di banyak negara, termasuk Amerika Serikat bahkan Indonesia, untuk memastikan penggunaan yang efisien dan efektif dari sumber daya tersebut.

Kongres AS pada Maret 2023 membiarkan kekuasaan Komisi Komunikasi Federal untuk mengadakan lelang spektrum berakhir untuk pertama kalinya dalam tiga dekade karena adanya perdebatan tentang spektrum yang digunakan oleh Departemen Pertahanan dapat dipulihkan kembali atau dibagi.

"Spektrum adalah sumber daya nasional yang langka," kata Administrator NTIA, Alan Davidson, dalam sebuah wawancara. Ia mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk memastikan cukup spektrum untuk kebutuhan sektor publik dan swasta. "Yang kita butuhkan adalah rencana langkah demi langkah tentang bagaimana kita akan melaksanakan misi itu."

Permintaan penggunaan spektrum meningkat pesat, didorong sebagian oleh kemajuan dalam drone, kendaraan otonom, misi ke bulan, dan pertanian presisi. Lalu lintas data nirkabel AS meningkat 38% pada tahun 2022, peningkatan terbesar sepanjang masa dalam lalu lintas data nirkabel.

Pada Senin, 11 Maret, dua senator mengusulkan undang-undang untuk menuntut NTIA untuk mengidentifikasi setidaknya 2.500 megahertz spektrum mid-band yang dapat dialokasikan kembali dari penggunaan pemerintah federal ke penggunaan non-pemerintah atau bersama selama 5 tahun ke depan.

Bulan lalu, tiga senator lainnya mendesak pemerintahan Biden untuk tidak mencabut spektrum yang digunakan oleh Departemen Pertahanan untuk sistem radar militer demi nirkabel komersial.