Bagikan:

JAKARTA – Samsung menyertakan sensor suhu di seri Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 6. Sensor ini bisa digunakan untuk mengetahui suhu permukaan kulit saat sedang beraktivitas atau tidur.

Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna harus memiliki aplikasi Samsung Health terlebih dahulu. Aplikasi ini seharusnya sudah ada di perangkat Galaxy. Jika tidak ada, instal aplikasinya terlebih dahulu di Google Play Store.

Setelah Samsung Health terunduh, buka aplikasinya dan ketuk menu Tidur. Setelah itu, klik ikon titik tiga vertikal di pojok kanan atas dan pilih Pengukuran Lanjutan. Berikutnya, cari menu Suhu Kulit Saat Tidur dan klik toogle button di sampingnya.

Selain memeriksa suhu kulit, Galaxy Watch bisa digunakan untuk mengetahui suhu permukaan benda atau suhu air. Mengutip dari Makeuseof, pengukuran ini membutuhkan aplikasi lain yang bisa diunduh di Google Play Store, yaitu Thermo Check 365D.

Pastikan untuk menyinkronkan aplikasinya terlebih dahulu sebelum digunakan. Jika sudah, aktifkan fitur Tampilan Selalu Aktif dan nonaktifkan mode Hemat Daya dan Tidur. Kemudian, pakai jam tangannya dan celupkan tangan ke dalam air.

Setelah membuka menu Measure, klik Check dan tunggu fiturnya bekerja. Selama pengukuran dilakukan, pengguna akan melihat suhu yang terdeteksi di layar. Untuk menghentikan pengukuran, klik tombol fisik Kembali di jam tangan yang digunakan.

Selanjutnya, untuk mengukur suhu permukaan, buka aplikasi Thermo Check di perangkat Galaxy Watch, kemudian buka menu Living. Pilih antara Satu Kali untuk mendapatkan pembacaan suhu tunggal atau Beberapa Kali untuk melihat perubahan suhu.

Setelah memilih opsi pengukuran, pilih jenis permukaannya. Pengguna bisa mengukur benda yang bersifat umum, logam, plastik, kayu, dan permukaan air. Dekatkan jam tangan yang ingin diukur suhunya, lalu klik Periksa.

Perlu diingat bahwa pembacaan suhu ini tidak akurat. Fitur pengukur suhu, khususnya untuk kulit, tidak bisa memeriksa demam. Jika sedang sakit, gunakan alat pengukur suhu asli dan konsulitasikan suhunya dengan dokter.