Coinbase Hapus Dukungan untuk Bitcoin dan UTXO Lainnya dari Platform Pembayaran Merchant
Coinbase telah menghapus dukungan untuk Bitcoin dan koin UTXO9foto: x @coinbase)

Bagikan:

JAKARTA - Coinbase telah menghapus dukungan untuk Bitcoin dan koin UTXO lainnya dari platform pembayaran untuk pedagangnya, Coinbase Commerce, menurut kepala produk perusahaan, Lauren Dowling.

Dalam sebuah thread pada 18 Februari di X (dulu bernama Twitter), Dowling mengatakan perusahaan "mengambil keputusan sulit untuk menghapus dukungan Bitcoin asli & koin UTXO lainnya" dari Coinbase Commerce, dengan alasan kesulitan dalam memberikan pembaruan terbaru pada protokol pembayaran EVM-nya untuk Bitcoin.

"Produk Commerce baru menerapkan detail dari setiap pembayaran di rantai, mendukung ratusan aset (asli dan ERC-20)  secara otomatis mengonversi pembayaran ke USDC di rantai dengan tingkat yang dijamin kepada pedagang. Memberikan kemampuan yang sama di rantai Bitcoin tanpa kontrak pintar dan stablecoin menantang & oleh karena itu kami mengambil keputusan sulit untuk menghapus dukungan Bitcoin asli & koin UTXO lainnya."

Pembeli yang membayar dengan Coinbase Commerce masih akan dapat menggunakan Bitcoin jika mereka memiliki akun dengan bursa tersebut, pernyataan CEO Brian Armstrong di X, menambahkan bahwa perusahaan sedang dalam proses mengintegrasikan Jaringan Lightning ke dalam Coinbase.

"Harap ada kesempatan untuk melakukan pembayaran perdagangan dengan Lightning di masa depan," kata Armstrong. Lightning Network adalah protokol pembayaran yang dirancang untuk memfasilitasi transaksi dalam rantai blok Bitcoin. Transaksi Bitcoin telah berjalan pada protokol tersebut sejak 2017.

"Dalam gambaran besar - kami berpikir pembayaran barang secara online dengan kripto tidak akan benar-benar menjadi mainstream sampai kita keluar dari lapisan 1, dan mengurangi biaya transaksi dan waktu konfirmasi, jadi kami mencoba mempercepat perpindahan ke arah dunia itu," ujarnya.

Untuk melacak transaksi, Bitcoin menggunakan model UTXO, atau Unspent Transaction Output. Ini dirancang untuk transparansi dan keamanan, berbeda dengan model akun Ethereum yang mirip dengan rekening bank tradisional dan memungkinkan lebih banyak fleksibilitas. Model UTXO juga digunakan oleh koin yang di-fork dari Bitcoin, seperti Dogecoin, Litecoin, Dash, dan Bitcoin Cash.

Keputusan untuk menghapus dukungan Bitcoin asli memicu kritik dari komunitas di platform media sosial, dengan beberapa pengguna menyoroti bagaimana penghapusan tersebut mempengaruhi adopsi Bitcoin.

"Apakah diasumsikan setiap pelanggan berada di AS dan dapat membuka akun Coinbase dan/atau bahwa setiap pelanggan ingin memiliki akun Coinbase? Itu seperti mengatur bahwa setiap pelanggan harus menjadi pelanggan Bank of America agar pedagang yang hanya berbank dengan BofA menerima pembayaran," catatan seorang pengguna yang menggunakan nama samaran.