Berkat Fitur <i>Tap to Pay</i>, Pengguna iPhone  Bisa Langsung Beli Bitcoin
Apple telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan Tap to Pay untuk iPhone. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apple telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan Tap to Pay untuk iPhone. Fitur baru ini secara efektif akan mengubah smartphone menjadi perangkat point-of-sale untuk bisnis dan pedagang.

Pengumuman tersebut juga menjelaskan bahwa dengan Tap to Pay, pedagang yang memiliki iPhone menerima pembayaran tanpa kontak dengan menggunakan perangkat seluler mereka sebagai mesin point-of-sale berkat teknologi komunikasi jarak dekat, atau NFC.

Menurut Apple, fitur Tap to Pay yang akan segera diluncurkan akan memperluas dukungan ke "Apple Pay, kartu kredit dan debit tanpa kontak, dan dompet digital lainnya." Ini pada dasarnya berarti bahwa kecuali Apple menempatkan penghalang langsung untuk itu, pelanggan yang menggunakan Kartu Coinbase, Kartu Visa Crypto.com atau kartu pembayaran serupa akan dapat menggunakan kepemilikan cryptocurrency mereka untuk melakukan pembayaran melalui Tap to Pay.

Sementara Apple telah mengumumkan Stripe, fintech Irlandia-Amerika, sebagai platform pertama yang menawarkan fitur Tap to Pay di iPhone, perusahaan tersebut mengklarifikasi bahwa “platform dan aplikasi pembayaran tambahan akan menyusul akhir tahun ini.”

Kembali pada Agustus 2021, pertukaran crypto utama Coinbase terintegrasi dengan Apple Pay dan Google Pay, memungkinkan pengguna untuk membeli aset crypto di platformnya. Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, langkah tersebut memungkinkan pelanggan yang berbasis di Amerika Serikat untuk membeli crypto menggunakan kartu debit dan kredit yang dikeluarkan bank melalui platform pembayaran utama Apple Pay.

Pada Juni 2021, Coinbase meluncurkan Coinbase Card, yang memungkinkan pengguna untuk membelanjakan mata uang kripto di berbagai jalur arus utama.

“Coinbase akan secara otomatis mengonversi semua cryptocurrency ke Dolar AS dan mentransfer dana ke Kartu Coinbase Anda (dikurangi biaya konversi) untuk digunakan dalam pembelian dan penarikan ATM,” bunyi pengumuman mereka.

Setelah itu, pertukaran crypto Crypto.com meluncurkan penawaran serupa bernama Crypto.com Visa Card, yang dapat ditambahkan ke Apple Pay dan dompet digital utama lainnya.

“Ketuk untuk Membayar di iPhone akan bekerja dengan kartu kredit dan debit nirsentuh dari jaringan pembayaran terkemuka, termasuk American Express, Discover, Mastercard, dan Visa,” bunyi pengumuman di Apple.

Mempertimbangkan kemampuan Coinbase untuk mengonversi kepemilikan kripto pengguna menjadi fiat secara real-time untuk pembayaran, pengguna Apple Pay akan dapat menggunakan fitur Tap to Pay iPhone untuk melakukan pembayaran kripto di seluruh pedagang dan bisnis utama.

Sementara Apple Pay kemungkinan besar tidak akan mengizinkan pembelian langsung barang dan jasa melalui Bitcoin (BTC), itu akan mengubah kepemilikan crypto pengguna agar sesuai dengan jumlah dolar yang diminta oleh mesin point-of-sale merchant untuk melakukan pembelian.

Pada November 2021, CEO Apple Tim Cook mengungkapkan pembelian pribadi cryptocurrency sebagai “bagian dari portofolio yang terdiversifikasi” sambil menyoroti tidak ada rencana segera untuk menerima crypto sebagai alat pembayaran untuk produk Apple.

Apple bermaksud untuk meluncurkan fitur Tap to Pay di Apple Store, iPhone XS, dan perangkat yang lebih baru.

Cash App, layanan pembayaran seluler yang dikembangkan dan dimiliki oleh salah satu pendiri Twitter Jack Dorsey's Block, juga mengumumkan kompatibilitas dengan Jaringan Petir Bitcoin untuk transfer BTC.

Dengan peluncuran fitur baru, pengguna Cash App dapat melakukan transaksi BTC lebih cepat di seluruh bisnis arus utama. Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, perusahaan telah membuat fitur tersebut tersedia di mana-mana di Amerika Serikat selain dari New York.