Bukan Wacana! Apple Benar Bikin iPhone Jadi Terminal Pembayaran
Fitur Tap to Pay sudah bisa digunakan di Apple. (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Desas-desus Apple akan membawa teknologi pembayaran nirsentuh iPhone pada bulan lalu akhirnya menjadi kenyataan. Perusahaan kini telah memperkenalkan fitur "Tap to Pay" untuk mudahkan pengguna bertransaksi.

Pada dasarnya teknologi ini memungkinkan pengguna iPhone menerima pembayaran kartu dengan perangkat mereka yang berfungsi seperti terminal Point of Sale (POS), untuk kartu debit dan kredit tanpa bersentuhan.

Jadi saat pengguna berbelanja offline, toko tidak memerlukan dongle, terminal, atau perangkat keras lain untuk pembayaran.

Apple tidak menjaga fungsionalitas eksklusif untuk platformnya dan fitur tersebut akan tersedia untuk platform pembayaran pihak ketiga.

Tak hanya itu, pengembang aplikasi juga dapat mengintegrasikan ke dalam aplikasi iOS mereka dan ditawarkan sebagai opsi pembayaran kepada pelanggan bisnis mereka.

"Karena semakin banyak konsumen (menggunakan cara) mengetuk untuk membayar dengan dompet digital dan kartu kredit, Tap to Pay di iPhone akan memberi bisnis cara yang aman, pribadi, dan mudah untuk menerima pembayaran tanpa kontak dan buka pengalaman checkout baru menggunakan kekuatan, keamanan, dan kenyamanan iPhone," ungkap Vice President Apple Pay dan Apple Wallet, Jennifer Bailey.

“Berkolaborasi dengan platform pembayaran, pengembang aplikasi, dan jaringan pembayaran, kami membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk bisnis dari semua ukuran — dari solopreneur hingga pengecer besar — ​​untuk menerima pembayaran tanpa kontak dengan mulus dan terus mengembangkan bisnis mereka," imbuhnya.

Teknologi ini membutuhkan iPhone XS atau lebih baru dan yang mendukung Apple Pay. Fitur ini awalnya akan tersedia di Amerika Serikat (AS), tetapi akan bekerja dengan kartu pembayaran umum dari American Express, Discover, Mastercard, dan Visa. American Apple Stores akan mendukung Tap to Pay di iPhone akhir tahun ini.

Apple menjanjikan tingkat privasi dan keamanan yang sama seperti yang biasa pengguna dapatkan dengan fungsionalitas tap-to-pay, termasuk transaksi terenkripsi. Nantinya, perusahaan tidak akan tahu siapa yang melakukan pembelian atau apa yang mereka beli.

Melansir Engadget, Rabu, 9 Februari, Tap to Pay bukan langkah yang mengejutkan. Apple membeli Mobeewave pada 2020 dengan petunjuk bahwa mereka akan menggunakan startup asal Canada tersebut untuk mengubah iPhone menjadi terminal pembayaran.

Datangnya fitur ini, tentu saja juga memajukan strategi pembayaran Apple yang terus berkembang mencakup Apple Pay, Apple Pay Cash, dan Apple Card.