Bagikan:

JAKARTA - Clubhouse, aplikasi audio langsung yang pernah populer, hari ini mengumumkan pengguna kini dapat mengirim pesan teks kepada teman-teman mereka, dan mereka akan mendengar pesan tersebut dalam suara kustom pengirimnya.

Untuk tetap relevan di tengah penurunan pengguna, Clubhouse memperkenalkan obrolan suara grup di mana anggota dapat mengirim pesan suara asinkron satu sama lain, dan pesan-pesan tersebut akan muncul dalam format seperti Instagram Stories.

Dengan pengumuman hari ini, perusahaan mengakui bahwa Anda mungkin tidak berada dalam situasi untuk mengirim pesan suara satu sama lain. Jadi Anda dapat melatih suara kustom Anda, mengirim pesan teks, dan teman-teman Anda akan mendengar pesan tersebut dalam suara yang direkreasikan. Aplikasi menampilkan indikator kepada teman-teman Anda ketika suara AI sedang membacakan pesan.

Dalam sebuah pos blog, perusahaan mengatakan fitur ini masih mempertahankan perasaan berada dalam obrolan waktu nyata dengan seorang teman.

“Bayangkan Anda mengirim pesan teks kepada seorang teman, tetapi di sisi lain mereka mendengar kata-kata Anda seolah-olah Anda benar-benar mengucapkannya. Suara kustom Anda membuat berbicara dan mengetik atau membaca dan mendengarkan terasa lancar, sehingga Anda tidak kehilangan perasaan berada dalam percakapan langsung,” kata perusahaan.

Clubhouse mengklaim AI-nya mampu merekreasikan suara pengguna yang mendekati aslinya bahkan ketika Anda melatihnya dengan membaca hanya beberapa frase. Perusahaan mengatakan AI tidak dapat merekreasikan tawa Anda dengan baik (jadi mungkin jangan mengetik "hahaha").

Perusahaan juga dapat menghasilkan suara secara otomatis jika Anda tidak nyaman merekam suara Anda sendiri. Startup ini tidak merinci rincian apa pun, tetapi kemungkinan besar itu akan menjadi model teks-ke-suara. Saat ini, fitur ini hanya tersedia di Amerika Serikat saat ini.

Penggunaan aplikasi ini telah menurun dalam beberapa tahun terakhir. Terakhir kali menggalang dana dengan valuasi yang dilaporkan sebesar 4 miliar dolar AS (Rp 62,5 triliun) . Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa pemutusan hubungan kerja telah terjadi. Tetapi tahun lalu, perusahaan mengklaim memiliki beberapa tahun runway tersisa. Sekarang sedang bereksperimen dengan fitur yang didukung AI untuk membuat percakapan antar teman menjadi lebih mudah, dengan harapan pengguna akan tetap menggunakan aplikasi tersebut.

Tahun lalu, Apple merilis fitur bernama Personal Voice, yang menciptakan suara yang terdengar seperti Anda. Ini sangat berguna bagi orang-orang yang mungkin berisiko kehilangan kemampuan berbicara mereka dari kondisi seperti ALS.