Saat Hujan Deras Ada Baiknya Berteduh Pak, Biar Terhindar dari Sambaran Petir
Ilustrasi - petir tampak di kota Jakarta (Muhammad AdimajaAntara)

Bagikan:

JAKARTA - Di musim penghujan saat ini beraktivitas di tempat terbuka akan sangat berbahaya, karena rawan terkena sambaran petir. Hal itulah yang jadi perbincangan warganet ketika video Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjalan di pematang sawah saat hujan deras.

Diketahui video tersebut, diambil saat Jokowi meninjau lokasi lumbung padi di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tengggara Timur (NTT) pada Selasa 23 Februari lalu. Siang itu hujan cukup deras, namun Jokowi memutuskan untuk turun dari mobil dan berjalan ke pematang sawah berbekal payung untuk mengecek pompa air. 

Sayangnya aksi Jokowi ini secara ilmiah bukan merupakan tindakan yang tepat. Pasalnya pematang sawah atau area terbuka disaat hujan deras menjadi lokasi yang sangat rawan terkena sambaran petir. 

Mengutip laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), ada beberapa tips menghindari sambaran petir kala sedang berteduh dari hujan deras. Salah satunya menghindari area lapang tanpa pelindung atap.

"Karena saat terjadi hujan deras disertai petir, petir akan selalu mencari daerah berupa tanah lapang untuk melepaskan seluruh energinya dan tentunya hal tersebut sangat berbahaya sekali bagi Anda," tulis BMKG seperti dikutip VOI, Kamis, 25 Februari.

Ketika hujan deras disertai petir, ada baiknya Anda tidak berdekatan dengan benda berbahan logam atau metal. Pasalnya benda-benda tersebut akan menjadi penghantar listrik dari energi petir. 

Jikalau harus berteduh, sebaiknya menghindari pohon-pohon tinggi dan besar. Sebab berteduh di bawah pohoh justru akan sangat berbahaya, karena petir akan sangat mudah menyambar benda-benda yang ukurannya cukup tinggi seperti pohon.

Jangan berkendara saat hujan deras yang disertai petir. Segeralah berhenti dan cari tempat untuk berlindung. 

Saat berteduh dari guyuran hujan, sebaiknya Anda memberi jarak dengan orang lain di sekitar kalian. Pasalnya berdiri terlalu dekat dengan prang lain akan sangat berbahaya saat petir menyambar. 

"Sebaiknya atur jarak sekitar 3-5 meter dengan orang lain agar terhindar dari energi saat terjadi petir." Nah, semoga artikel tentang tips berteduh saat hujan deras dapat membantumu terhindar dari risiko tersambar petir.