Kaspersky Paparkan Beberapa Langkah Proaktif untuk Melindungi Data Pribadi
Ilustrasi - Antivirus. Kaspersky. (Antara/Reuters/Sergei Karpukhin)

Bagikan:

JAKARTA - Di era di mana sejumlah besar data terus-menerus dikumpulkan dan dianalisis, risiko pelanggaran data, pencurian identitas, dan pelanggaran privasi menjadi lebih besar dari sebelumnya. 

Beberapa negara bahkan sudah mempertimbangkan untuk membatasi pemakaian aplikasi tertentu, seperti Amerika Serikat yang membatasi akses ke TikTok karena dianggap mengumpulkan data pribadi penggunanya yang akan diberikan ke pemerintahan China. 

Namun para pengguna tidak selalu bersedia melepaskan aplikasi favorit mereka. Maka dari itu, tidak jarang beberapa dari mereka menggunakan alternatif lain untuk mengakses konten, seperti memasang aplikasi pengganti atau bajakan.

Menurut Kaspersky, banyak dari aplikasi ini cenderung menghilang setelah beberapa saat karena berbagai alasan seperti jumlah pengguna yang tidak mencukupi, yang berarti data sensitif mungkin jatuh ke tangan pihak ketiga.

Untuk menghindari skenario tidak menyenangkan seperti itu, para ahli Kaspersky membagikan beberapa tips:

Tidak perlu terburu-buru saat memasang apa pun di perangkat

Terburu-buru mencari alternatif mungkin akan membahayakan informasi Anda, karena jenis aplikasi atau salinan layanan bajakan ini tidak cukup peduli terhadap keamanan data pribadi pengguna. Jadi sebelum memasang aplikasi, pertimbangkan pro dan kontranya terlebih dahulu.

Pelajari hak privasi Anda

Cara terbaik untuk memulainya adalah dengan mempelajari lebih lanjut kebijakan negara Anda yang mengatur hak-hak pelanggan dan pemrosesan data pribadi. Pastikan juga Anda dapat menghubungi layanan pelanggan dan meminta mereka menghapus informasi pribadi.

Jangan berbagi data berlebihan 

Jauh lebih baik untuk meminimalkan jumlah data yang dikumpulkan aplikasi tentang diri Anda karena ada risiko pengungkapan yang tidak disengaja atau penyalahgunaan data pribadi akibat keamanan data yang tidak memadai. Untuk mencegah masalah tersebut, pertimbangkan untuk membatasi akses ke feed foto, kontak, dan lokasi hanya pada aplikasi yang dapat berfungsi tanpanya.

Gunakan solusi keamanan modern

Solusi keamanan modern dapat memblokir aplikasi agar tidak mengakses informasi pribadi, mengingatkan pengguna jika nomor telepon dan data lainnya bocor, serta memperingatkan pengguna jika file berbahaya telah diunduh.