Bagikan:

 

JAKARTA – Instagram, platform di bawah naungan Meta, meluncurkan fitur baru untuk remaja. Para orang tua bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengontrol waktu anak dalam bermain Instagram.

Fitur ini akan muncul secara khusus di akun remaja. Ketika mereka menggulir layar lebih dari 10 menit di malam hari, Instagram akan memberikan peringatan untuk berhenti membuka platform dan menyarankan mereka untuk beristirahat.

“Kami meluncurkan saran malam hari baru yang akan muncul ketika remaja menghabiskan lebih dari sepuluh menit di Instagram di tempat-tempat seperti Reels atau Direct Message pada larut malam,” jelas Instagram dalam keterangan resmi.

Saat fitur ini bekerja, Instagram akan menghentikan aktivitas pengguna dengan layar hitam yang berisi saran. Mereka akan menampilkan teks bertuliskan, “Hari sudah malam. Pertimbangkan untuk menutup Instagram pada malam hari.”

Meski fitur ini telah diluncurkan secara bertahap, Instagram tidak menjelaskan berapa kali fitur tersebut akan muncul. Jika fitur ini hanya muncul sebagai pengingat, para remaja mungkin akan mengabaikan pesan dari Instagram dan kembali menggulir layar.

Cara terbaik untuk mengontrol aktivitas media sosial anak adalah dengan mengaktifkan fitur pengawasan orang tua yang diluncurkan pada tahun 2022. Melalui fitur tersebut, para orang tua bisa menentukan waktu yang tepat bagi anak bermain Instagram.

Dengan menggunakan fitur pengawasan, orang tua juga bisa mengetahui seluruh aktivitas anak dalam bermain media sosial, seperti akun yang diikuti atau dilaporkan oleh anak mereka. Sayangnya, fitur ini belum tersedia di semua negara.

Ket. foto: