Pendarat Bulan Peregrine Dikonfirmasi Akan Gagal Mendarat di Bulan
Peregrine akan gagal mendarat di Bulan (foto: dok. Astrobotic)

Bagikan:

 

JAKARTA – Astrobotic, pembuat teknologi pendarat Peregrine, mengonfirmasi bahwa pendarat mereka tidak akan mendarat di Bulan. Meski akan gagal, Peregrine masih beroperasi hingga saat ini.

Setelah mengalami anomali sekitar tujuh jam setelah peluncuran, Astrobotic mengatakan bahwa pendarat mereka kembali mengalami masalah. Kabar ini disampaikan pada Rabu, 10 Januari pukul 00.17 WIB.

Meski tidak menjelaskan masalahnya secara detail, perusahaan itu menyatakan bahwa Peregrine masih mampu bertahan. Astrobotic juga telah mengatasi masalah kurangnya baterai bertenaga surya karena Peregrine makin menjauhi Matahari.

Sayangnya, kondisi yang baru stabil ini tidak akan bertahan lama. Masalah propelan yang bocor masih tidak bisa teratasi sehingga pendaratan Peregrine di Bulan akan gagal. Pesawat ini akan kehilangan bahan bakar dalam hitungan jam.

“Kami masih memiliki cukup bahan bakar untuk terus mengoperasikan kendaraan sebagai pesawat ruang angkasa. Tim telah memperbarui perkiraannya dan saat ini kami memperkirakan akan kehabisan propelan dalam waktu sekitar 40 jam dari sekarang,” kata tim Astrobotic.

Saat ini, perusahaan tersebut masih berusaha mempertahankan dan memperpanjang kehidupan operasional pendarat Peregrine. Meski kegagalan mendarat di Bulan sudah sangat jelas, mereka masih ingin menerima data berharga dari Peregrine.

Sementara itu, Astrobotic membuat hipotesis mengenai penyebab anomali di bagian propulsi. Mereka meyakini bahwa anomali ini terjadi karena katup yang berada di antara tekanan helium dan oksidator gagal tertutup kembali selama proses inisialisasi.

“Hal ini menyebabkan aliran helium bertekanan tinggi yang meningkatkan tekanan di tangki oksidator melebihi batas operasinya dan kemudian merusak tangki,” kata tim Astrobotic. Namun, hipotesis ini masih sekadar teori.

Untuk tinjauan lebih lanjut, hasil analisis yang lengkap dan data dari pendarat Peregrine akan diserahkan ke dewan peninjau formal. Seluruh laporan ini akan diserahkan setelah misi selesai atau setelah Peregrine tidak lagi beroperasi.