Bagikan:

 

JAKARTA – Samsung menunjukkan terobosan baru pada acara Consumer Electronics Show (CES) 2024. Di acara tersebut, Samsung memamerkan layar Micro LED transparan pertama di dunia.

Teknologi yang dipamerkan ini memiliki tiga desain yang berbeda. Dua desain dari Micro LED ini menampilkan kaca yang lebih bewarna sehingga objek di belakang layar tidak begitu terlihat. Sementara itu, satu unit lainnya lebih transparan dan seperti kaca biasa.

Jika melihat unit terakhir yang tidak memiliki bingkai, layar transparan yang dipamerkan melalui YouTube Samsung itu terlihat begitu ringkih. Pasalnya, ketebalan layar dari teknologi tersebut hanya mencapai satu sentimeter.

Berkat layarnya yang begitu tipis, tayangan dari Micro LED ini terlihat sangat menarik. Ketika Anda berdiri di bagian depan layar, Anda akan melihat tayangan yang terlihat seperti hologram yang melayang di udara karena kacanya yang sangat transparan.

Samsung mengatakan bahwa teknologi ini dilengkapi chip yang sangat kecil dan proses manufaktur presisi yang mampu menghilangkan pembiasan cahaya. Oleh karena itu, tayangan dari layar tersebut tidak akan terpengaruh oleh cahaya sekitar.

“Hal ini memungkinkan MICRO LED transparan menghasilkan gambar yang jelas dan tidak terhalang untuk berbagai kasus penggunaan di rumah dan lingkungan B2B,” jelas Samsung dalam keterangan resmi pada Senin, 8 Januari.

Meski tampaknya MICRO LED transparan ini terlihat sederhana, penelitian dan pengembangan untuk teknologi ini memakan waktu bertahun-tahun. Samsung berusaha menambahkan chip LED langsung pada kaca untuk mengurangi hilangnya kecerahan.

Selain itu, desain modular dari teknologi dibuat agar pengguna bisa mempersonalisasi bentuk, ukuran, hingga rasio yang sesuai dengan ruangan apa pun. Belum diketahui harga dari layar transparan ini, tetapi harga Micro LED non-transparan Samsung dihargai Rp2,3 miliar.