Bagikan:

 

JAKARTA – Setiap kali membaca artikel astronomi mengenai objek luar angkasa, para astronom sering menambahkan istilah tahun cahaya. Namun, tak banyak yang tahu arti dari istilah tersebut.

Meski terdengar seperti ukuran waktu, tahun cahaya adalah jarak. Biasanya, istilah ini digunakan saat astronom ingin menjelaskan jarak bumi ke objek astronomi atau menjelaskan jarak planet dengan satelit alami di sekitarnya.

Tahun cahaya merupakan jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam satu tahun. Pengukuran jarak berdasarkan cahaya ini jauh lebih efisien karena menggambarkan jarak ruang angkasa dengan satuan panjang kilometer akan sangat membingungkan.

Meski mudah dipahami, jarak kita dengan objek ruang angkasa sangat jauh sehingga penjelasan dengan satuan kilometer tidak akan mudah dipahami. Maka dari itu, para astronom lebih suka menggunakan satuan tahun cahaya dibandingkan dengan kilometer.

Cahaya bergerak dengan sangat cepat karena ujungnya tidak memiliki massa. Saking cepatnya, cahaya mampu melintasi ruang antarbintang dengan kecepatan 300.000 kilometer per detik dan 9,46 triliun kilometer per tahun.

Dengan kecepatan ini, kita bisa membayangkan bahwa jarak ruang angkasa memang sangat jauh. Ketika seorang astronom menjelaskan bahwa bintang A berjarak 5 tahun cahaya dengan bintang B, maka jumlah tahun ini hanya perlu dikalikan dengan jarak tempuh per tahun.

Bumi tidak hanya dikelilingi oleh planet seperti Merkurius, Mars, Jupiter, dan planet lainnya di jajaran tata surya. Masih ada exoplanet dan exomoon di alam semesta ini sehingga kita harus bisa memahami istilah dari tahun cahaya.

Exoplanet terjauh yang pernah ditemukan astronom adalah SWEEPS-4 b. Planet yang berukuran 3,8 kali lebih besar dari Jupiter ini berjarak sekitar 27.723 tahun cahaya dari Bumi. Jarak ini akan sulit diubah dalam satuan kilometer, bahkan dengan bantuan kalkulator sekali pun.

Meski sulit untuk dihitung secara matematika, kita bisa membayangkan seberapa jauh jarak antara Bumi dengan SWEEPS-4 b atau seluruh objek di alam semesta ini, baik itu planet, galaksi, lubang hitam, dan masih banyak lagi.