Ilmuwan Antariksa Deteksi Adanya Air di Sebuah Galaksi yang Jauh dari Bumi, Mungkinkah Ada Kehidupan?
Hasil pencitraan teleskop Alma tentang adanya air di sebuah galaksi. (foto: ESA)

JAKARTA - Luar angkasa adalah “binatang” yang luas dan ekspansif, dan berkat penelitian baru yang luar biasa dari teleskop radio ALMA, para ilmuwan baru saja menemukan deteksi air terjauh di sebuah galaksi.

Dibandingkan dengan kehidupan yang kita kenal di Bumi, mungkin sulit untuk memahami seberapa besar alam semesta ini sebenarnya. Bahkan galaksi kita sendiri sangat besar dibandingkan dengan Bumi. Bima Sakti memiliki antara 100 dan 400 miliar bintang, setidaknya 100 miliar planet, dan memiliki radius 52.850 tahun cahaya.

Akan tetapi Bima Sakti hanyalah titik kecil dibandingkan dengan keseluruhan alam semesta yang dapat diamati. Di alam semesta dengan radius 46,5 miliar tahun cahaya, diperkirakan ada sekitar 2 triliun galaksi di seluruh alam semesta.

Setiap galaksi, bintang, dan planet memiliki kisahnya sendiri untuk diceritakan dan masing-masing tampaknya lebih menarik daripada yang terakhir. Masih banyak ilmuwan yang belum mengungkap tentang alam semesta, tetapi kemajuan sedang dibuat setiap hari. Baru minggu lalu, para peneliti mengklaim telah menemukan planet pertama di luar Bima Sakti yang membuka jalan ke depan untuk penemuan lebih lanjut di luar galaksi kita.

Sekarang, sekelompok ilmuwan lain telah menemukan sesuatu yang lebih memikat. Per laporan dari Phys.org, teleskop radio ALMA di Chili digunakan untuk mendeteksi air di "galaksi paling masif di alam semesta awal."

Galaksi, yang dikenal sebagai SPT0311-58, berada 12,88 miliar tahun cahaya dari Bumi. Temuan itu mengungkapkan beberapa hal. Pertama, ini menunjukkan bahwa H20 (dan karbonmonoksida) sangat melimpah di masa-masa awal alam semesta. Ini juga menandai air terjauh yang pernah terdeteksi di galaksi berbentuk bintang di alam semesta.

Sementara penemuan SPT0311-58 ini cukup menarik, memahami bagaimana para ilmuwan melakukannya bahkan lebih mengesankan. Terdiri dari dua galaksi gabungan, ALMA awalnya mendeteksi SPT0311-58 pada tahun 2017.  Para ilmuwan memutuskan untuk melihat lebih dekat pada entitas tersebut, dan setelah melakukannya, ditemukan ada air di dalamnya.

Seperti yang dijelaskan oleh Sreevani Jarugula, astronom yang memimpin makalah penelitian untuk penemuan ini, menyatakan: "Menggunakan pengamatan ALMA resolusi tinggi dari gas molekuler di pasangan galaksi yang dikenal secara kolektif sebagai SPT0311-58, kami mendeteksi molekul air dan karbonmonoksida di galaksi yang lebih besar, dua galaksi."

Jarugula lebih lanjut menjelaskan bahwa SPT0311-58 memiliki "lebih banyak gas dan debu dibandingkan dengan galaksi lain di alam semesta awal, yang memberi kita banyak peluang potensial untuk mengamati molekul yang melimpah dan untuk lebih memahami bagaimana unsur-unsur pencipta kehidupan ini memengaruhi perkembangan alam semesta awal."

Penemuan seperti ini penting karena beberapa alasan. Tidak hanya menarik sebagai hal yang berdiri sendiri, tetapi juga membantu menambah konteks dan informasi baru pada temuan lain. Sekarang para ilmuwan tahu air ada di galaksi lebih dari 12 miliar tahun cahaya dari Bumi. Mereka dapat menggunakannya untuk mempelajari lebih lanjut tentang kelahiran tidak hanya alam semesta, tetapi Bima Sakti dan Planet Bumi juga.