Peringati Momen Sidang Aktivis, <i>The Trial of the Chicago 7</i> Tayang Gratis di YouTube
Adegan dalam film The Trial of the Chicago 7 (Netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Film produksi Netflix berjudul The Trial of the Chicago 7 bakal bisa ditonton secara gratis melalui kanal YouTube miliki perusahaan. Netflix menggratiskan film tersebut selama 48 jam sejak hari Jumat, 19 Februari, pukul 00.00.

Dalam pengumuman yang dibagikan lewat blog resmi, penulis dan sutradara film, Aaron Sorkin, mengungkapkan bahwa penggratisan film ini merupakan bentuk peringatan dari peristiwa pengadilan bersejarah yang dikisahkan dalam The Trial of the Chicago 7.

“Untuk mengingat patriot sesungguhnya yang menginspirasi banyak generasi untuk turun ke jalan dan menjunjung konstitusi Amerika Serikat, bersamaan dengan suara-suara penuh keberanian yang berlanjut hingga hari ini,” tulis sutradara Aaron Sorkin melalui unggahan di blog resmi Netflix, Jumat, 18 Februari.    

Film ini mengisahkan delapan protestan perang Vietnam yang dituduh memicu kericuhan dan serta berkonpirasi menginisasi demonstrasi pada Konvensi Nasional Partai Demokrat tahun 1968.

Di bawah arahan Sorkin, yang sudah tak asing lagi dengan film bertemakan politik, The Trial of the Chicago 7 menjadi film yang dianggap oleh kritikus sukses memotret salah satu gerakan masyarakat bersejarah di Amerika Serikat.

Sebagai tambahan, Sorkin merupakan sutradara yang lebih populer dengan film berjudul Steve Jobs dan Network. Selain itu, Sorkin juga pernah menggarap film bertemakan politik sebelumnya, yakni A Few Good Men dan The West Wing.

Ini bukanlah kali pertama Netflix menggratiskan konten bikinannya lewat YouTube. Pada bulan April tahun lalu, Netflix menggratiskan beberapa film dokumenter keluarannya. Bahkan, beberapa judul masih bisa ditonton secara gratis. Seperti 13th, Knock Down the House, dan salah satu episode dari dokumenter alam berjudul Our Planet.

Jika Anda tertarik untuk menonton film Netflix yang diluncurkan pada 25 September tahun lalu ini, bisa langsung mengakses kanal resmi milik Netflix di platform YouTube. Sayangnya, konten ini diidentifikasi platform milik Google tersebut sebagai tidak pantas. Sehingga, untuk menontonnya, Anda harus berusia 18 tahun ke atas serta melalui kanal resmi langsung.