7 Jenis AI yang Paling Banyak Dicari Sepanjang 2023 untuk Bisnis dan Pekerjaan
Jenis AI yang paling banyak dicari sepanjang 2023 (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Artificial intelligence (AI) menjadi inovasi teknologi yang mulai banyak digunakan. Sejak beberapa tahun belakangan, telah bermunculan berbagai platform AI untuk memudahkan pekerjaan manusia. Ada beberapa jenis AI paling banyak dicari sepanjang 2023. 

Teknologi kecerdasan buatan atau AI diterapkan dalam berbagai kebutuhan, seperti pekerjaan, bisnis, pendidikan, dan lainnya. AI hadir sebagai sistem komputer yang didesain dengan kemampuan canggih bisa meniru intelektual manusia, mulai dari analisis data, identifikasi pola, pemilihan keputusan, dan mengerjakan tugas yang kompleks secara efisien.

Adanya AI membantu orang-orang bisa melakukan pekerjaan secara lebih mudah, efisien waktu dan tenaga. Itulah mengapa pada masa mendatang teknologi AI akan semakin diandalkan dalam kehidupan. Lantas apa saja jenis AI paling banyak dicari sepanjang 2023?

Jenis AI Paling Banyak Dicari Sepanjang 2023

Aplikasi dan website AI mendapat 24 juta traffic selama satu tahun belakangan, berdasarkan data dari Writerbuddy. Data traffic pengguna AI tersebut diambil dari bulan September 2022 hingga Agustus 2023. 

ChatGPT sebagai Chatbot asal OpenAI menjadi platform kecerdasan buatan yang memiliki jumlah kunjungan paling banyak. Pengguna yang mengakses platform AI ini bahkan lebih banyak dibandingkan kunjungan ke Google Bard sebagai AI Writing asal Google. 

Berikut ini daftar jenis AI paling banyak dicari pada tahun 2023 yang menarik untuk Anda ketahui:

Image Creator

Image Creator menjadi jenis AI yang paling banyak dicari oleh orang-orang di seluruh dunia. AI ini menyediakan sistem pembuatan gambar bagi pengguna yang ingin membuat gambar. Ada sebanyak 14 website AI yang dipilih untuk pembuatan gambar, salah satunya adalah Midjourney.

AI Chatbot

Jenis AI kedua yang mendapat pencarian paling banyak adala AI Chatbot. Selama tahun ini, Chat GPT sebagai Chatbot dari OpenAI memang memiliki popularitas sangat tinggi. 

Platform AI ini menyediakan fitur melalui format percakapan untuk memberi informasi, menjawab pertanyaan, menganalisis data, dan tugas-tugas lainnya. Ada sebanyak 14 website AI Chatbot yang kerap diakses oleh pengguna untuk membantu mempermudah pekerjaan. 

AI Writing

AI Writing menempati urutan ketiga sebagai jenis AI paling dicari selama tahun 2023. AI Writing merupakan platform kecerdasan buatan yang menyediakan layanan sebagai asisten untuk membantu pembuatan konten teks atau tulisan, seperti untuk artikel, iklan, deskripsi produk. Sebanyak 7 website AI writing sering digunakan untuk keperluan pembuatan konten. 

AI Video Generator

Jenis AI selanjutnya yang berhasil mencuri perhatian orang-orang adalah AI Video Generator. Sebanyak 5 website AI Video Generator mendapatkan kunjungan pengguna yang tinggi. AI sektor ini menyediakan layanan sistem untuk membantu pembuatan video. Contoh platform AI Video Generator yang marak digunakan adalah CapCut dan VN. 

AI Voice and Music 

AI Voice and Music menyusul sebagai jenis AI yang banyak digunakan oleh orang-orang sepanjang 2023. Para pengguna memakai AI ini untuk membantu pembuatan atau pengaturan audio, seperti menjernihkan kualitas suara, mengubah karakter suara, dan lainnya. Ada sebanyak 5 website AI Voice and Music yang sering digunakan, salah satunya Vocal Remover.

AI Design

AI Design juga muncul sebagai jenis AI yang mendapat traffic kunjungan cukup banyak. Ada sebanyak 4 website AI Design yang banyak dipilih oleh pengguna, seperti salah satunya adalah Hotpot AI. Platform AI ini menyediakan layanan untuk membantu pembuatan desain atau konten grafis, seperti desain website, konten media sosial, dan lainnya. 

Lainnya

Selain sejumlah jenis AI di atas, platform AI lainnya yang juga sering digunakan pada tahun 2023 adalah AI Recruiter. AI sektor ini menyediakan fitur kecerdasan buatan untuk kebutuhan pekerjaan profesional. Beberapa AI Recruiter yang sering diakses yaitu Data Science dan Background Removal.

Demikianlah jenis-jenis AI yang paling banyak dicari sepanjang 2023. Sejumlah platform AI di atas sering digunakan karena menyediakan fitur-fitur yang membantu pekerjaan manusia di berbagai sektor. Baca juga tools AI untuk pemasaran digital agar bisnis berkembang. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.