Bagikan:

YOGYAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI membagikan daftar pekerjaan yang paling banyak dicari tahun 2024. Beberapa di antaranya berkaitan langsung dengan teknologi digital. Sementara lainnya lagi berhubungan data, kesehatan, dan keuaangan.

“Simak yuk pekerjaan apa yang paling dicari di 2024 ini,” tulis @kemnaker di Instagram pada Minggu, 18 Februaru 2024, dikutip VOI.

Daftar Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari Tahun 2024

Berikut ini adalah daftar pekerjaan paling dicari pada 2024 versi Kemnaker RI:

1. Pengembang perangkat lunak

Kebutuhan tenaga kerja di bidang software developer (pengembangan perangkat lunak) terus mengalami peningkatan seiring dengan masifnya perkembangan teknologi digital.

Keterampilan dalam bahasa pemograman seperti C++, python, atau Java sangat dibutuhkan.

2. AI Engineer atau AI Specialist

Selain software developer, pekerjaan AI Enginer atau AI Specialist juga banyak dibutuhkan.

AI Engineer merupakan individu yang bertugas membangun atau mengoptimalkan proses penerapan AI pada sistem perusahaan. Selain itu, mereka juga berperan penting dalam pengembangkan teknologi kecerdasan buatan.

3. Data Analyst

Jenis pekerjaan yang banyak dicari tahun 2024 yang berikutnya adalah data analyst. Data analyst adalah seseorang yang ditugaskan untuk membaca serta menganalisis data yang ada dari perusahaan.

Sumber daya manusia di bidang ini sangat dibutuhkan, sebab kunci dalam pengambilan keputusan bisnis harus berdasarkan data.

4. Ahli Keamanan Siber

Pekerjaan ini dibutuhkan untuk melindungi sistem informasi dari serangan siber. Seorang individu yang ingin bekerja di bidang ini harus menguasai firewall (perangkat keamanan jaringan) dan konfigurasi jaringan.

5. Content Creator Media Digital

Content creator media digital merupakan seorang individu yang menciptakan konten menarik dan relevan untuk disebarkan melalui beragam platform digital, seperti blog, YouTube, Instagram, podcast, dan lainnya.

Bidang ini membutuhkan kreativitas dan memilki skill komunikasi yang baik.

6. Perawat

Profesi ini termasuk salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari tahun 2024. Tugas seorang perawat adalah merawat pasien dan memantau proses penyembuhan. Untuk menjadi perawat, diperlukan sertifikaat keperawatan dan surat tanda registrasi.

7. Manajer Medis

Seorang manajer medis bertanggung jawab mengelola operasional harian di fasilitas pelayanan kesehatan.

8. Manajer Keuangan

Tugas manajer keuangan adalah mengelola anggaran bisnis, investasi, dan membuat laporan keuangan. Keterampilan berpikir analitis dan pemahaman tentang kauangan sangat dibutuhkan.

9. Pengembang Web 

Pengembang web (Web developer) adalah seseorang yang ditugaskan untuk merancang dan mengembangkan sebuah website. Keterampilan yang harus dikuasai adalah coding, UX/UI, HTML, dan CSS.

10. Analis Manajemen Bisnis

Terakhir, jenis pekerjaan yang paling banyak dicari tahun 2024 adalah analis manajemen bisnis. Seorang individu yang bekerja dibidang ini bertugas memastikan kemajuan bisnis dan pedapatan perusahaan. Menganalisis data untuk memberikan masukan seputar pertumbuhan bisnis.

Demikian informasi tentang pekerjaan yang paling banyak dicari tahun 2024. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.