Tools AI Untuk Pemasaran Digital Agar Bisnis Terus Berkembang
Ilustrasi kecerdasan buatan (dok. pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sudah selayaknya bisnis Anda merambah ke dunia digital. Untuk melancarkannya, ada beberapa tools AI untuk pemasaran digital. Tools ini cukup membantu dalam penjualan sehingga berdampak ke perkembangan bisnis dan perusahaan.

Tools AI Untuk Pemasaran Digital

Seperti diketahu, Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dapat dimanfaatkan dalam pemasaran digital. Penggunaan AI biasa difokuskan pada kegiatan promosi, pengenalan produk, hingga keperluan lain yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran.

Pemasaran digital dengan AI banyak dilakukan di media sosial seperti Instagram, TikTok, bahkan YouTube. Selain itu juga digunakan pada website atau marketplace. Berikut ini beberapa tool AI yang membantu kegiatan marketing digital.

  1. Chat GPT

Marketing digital menggunakan Chat GPT untuk berbagai keperluan pemasaran seperti pembuatan copy writer, caption, ide konten, dan sebagainya.

  1. ai

Tools AI coopy.ai berguna untuk membuat materi digital untuk medsos, website, ads, dan sebagainya, terutama yang berkaitan dengan materi text.

  1. Dall-E 2

AI Dall-E 2 berguna untuk kegiatan pemasaran digital khususnya dalam menciptkana ilustrasi gambar. Pengguna cukup memasukkan deskripsi gambar format text, AI akan memproses deskripsi yang dimasukkan jadi ilustrasi menarik.

  1. Lumen5

Kegiatan marketing digital bisa dilakukan dengan AI video Lumen5. Dengan adanya tools ini Anda tak butuh video editor.

  1. io

Marketing bisa menganalisis data interaksi pelanggan secara otomatis dengan AI. Selain itu Gong.io juga mampu memperkirakan transaksi yang mungkin terjadi di masa depan berbasis data.

  1. Headline Studio

AI Headline Studio berguna untuk memaksimalkan strategi SEO khususnya pada headline. Dengan tools ini bisnis bisa terbaca Google secara maksimal.

  1. PhotoRoom

Tak perlu repot melakukan foto produk dengan berbagai background. Dengan AI, Anda bisa mengganti background produk sehingga tampilannya lebih menarik.

  1. Uizard

Salah satu cara promosi digital adalah dengan website. Tak perlu repot mendesain website, Anda bisa memanfaatkan AI Uizard agar desain websitemu lebih menarik dalam waktu singkat tanpa banyak biaya.

  1. Influencity

Pemilik bisnis tentu pernah kesulitan dalam memilih influencer yang cocok untuk mempromosikan produk. AI Influencity akan membantu pemilik bisnis memilih influencer yang cocok sesuai data bisnis Anda.

  1. Sales Einstein

AI dapat membantu pemilik bisnis untuk menyortir data serta pola kebiasaan yang dilakukan oleh pelanggan sehingga bisa membuat iklan dan produk yang sesuai.

  1. Dialogflow

AI Chatbot ini membantu menjawab pertanyaan pelanggan secara real-time. Mestki robot, pola komunikasi yang dibangun cukup natural sehingga lebih humanis.

  1. Zapier

AI Zapier membantu Anda melakukan pemantauan terhadap segala percakapan hingga penyebutan merek di media digital bisa terlacak. Data tersebut bisa dipakai untuk bahan campaign.

  1. Netray

Kecedasan buatan Netray membantu pemilik bisnis untuk memproses jutaan data yang ada kemudian mengkonversikannya ke sebuah grafis sehingga lebih ringkas dan mudah dibaca.

  1. GrowthBar

AI yang dimiliki GrowthBar dapat memberikan saran keyword, jumlah kata, link, hingga pemilihan gambar untuk kegiatan pemasaran digital Anda.

  1. Optimove

Tak perlu repot mengumpulkan data secara manual dari platform digital karena Anda bisa menggunakan Optimove.

Itulah informasi terkait tools AI untuk pemasaran digital. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.