Bagikan:

JAKARTA - NEAR Protocol, salah satu jaringan blockchain yang menyediakan platform untuk pengembang aplikasi terdesentralisasi (DApps), mencatat kenaikan harga yang signifikan pada hari Rabu. Harga NEAR, mata uang digital yang berjalan di jaringan tersebut, melonjak 17,46% dan diperdagangkan di level $2,69 (Rp41.700) saat penulisan.

Pada saat yang sama, volume perdagangan NEAR melonjak 111,95% menjadi $357,77 juta (Rp5,5 triliun), menunjukkan aktivitas perdagangan yang kuat untuk kripto ini. Menariknya, NEAR telah naik lebih dari 31% dalam 30 hari terakhir.

Penyebab harga NEAR naik

Apa yang menyebabkan kenaikan harga NEAR? Salah satu faktor yang mendorong permintaan NEAR adalah peluncuran Aurora, sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi Ethereum di jaringan NEAR. Aurora diluncurkan pada 19 Oktober 2021 dan diklaim sebagai "jembatan tercepat dan termurah" antara Ethereum dan NEAR. Dengan Aurora, pengguna dapat memanfaatkan kecepatan dan biaya rendah NEAR tanpa harus meninggalkan ekosistem Ethereum.

Selain itu, NEAR juga mendapat dukungan dari beberapa proyek dan mitra strategis yang membangun DApps di jaringannya. Beberapa contoh proyek yang menggunakan NEAR adalah Flux, sebuah protokol yang memungkinkan pengguna untuk membuat pasar prediksi, Mintbase, sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan dan menjual non-fungible token (NFT), dan Ref Finance, sebuah protokol pertukaran terdesentralisasi (DEX).

NEAR juga memiliki mitra strategis seperti Kraken, salah satu bursa kripto terbesar di dunia, yang telah meluncurkan staking NEAR di platformnya sejak November 2021. Dengan staking NEAR, pengguna bisa mendapatkan bunga tahunan hingga 12% dari NEAR yang mereka simpan di Kraken.

Selain itu, NEAR juga bekerja sama dengan Coin98 Wallet, sebuah dompet kripto multi-chain, yang telah mengintegrasikan NEAR ke dalam aplikasinya sejak Desember 2021. Dengan Coin98 Wallet, pengguna dapat mengakses berbagai DApps di jaringan NEAR dengan mudah.

Capai 100.000 Transaksi per Detik

NEAR Protocol adalah salah satu jaringan blockchain yang dirancang untuk mengatasi beberapa keterbatasan yang dihadapi oleh blockchain lain, seperti kecepatan transaksi rendah, kapasitas terbatas, dan interoperabilitas buruk.

NEAR menggunakan teknologi Nightshade, sebuah variasi dari sharding, yang membagi jaringan menjadi beberapa rantai paralel yang diproses oleh sekelompok validator. Dengan cara ini, NEAR dapat mencapai hingga 100.000 transaksi per detik dan mencapai finalitas transaksi hampir seketika dengan biaya transaksi yang sangat rendah.

Sebagai informasi tambahan, NEAR Protocol didirikan oleh Erik Trautman, Illia Polosukhin, dan Alexander Skidanov pada tahun 2018. NEAR Protocol memiliki tim pengembang yang berpengalaman, termasuk beberapa pemenang medali emas dan perak dalam International Collegiate Programming Contest (ICPC). NEAR Protocol didukung oleh sejumlah investor terkemuka di dunia, seperti Andreessen Horowitz (a16z), Coinbase Ventures, Pantera Capital, dan Electric Capital.