Bagikan:

 

JAKARTA – Apex, produsen komponen utama satelit, akan membuka pabrik baru tahun depan. Kabarnya, pabrik yang mereka buka ini akan digunakan untuk memproduksi lebih banyak satelit.

Dikutip dari Spacenews, Apex telah menandatangani perjanjian sewa untuk salah satu gedung di daerah Playa Vista, Los Angeles. Gedung dengan luas hampir 4.300 meter persegi ini disebut sebagai Pabrik Satu oleh pihak Apex.

Kepala Eksekutif Apex Ian Cinnamon, mengatakan bahwa pabrik ini akan mulai beroperasi di kuartal ketiga tahun depan. Cinnamon menambahkan bahwa pabrik ini mampu memproduksi hingga 50 satelit per tahun.

“Seiring kami terus meningkatkan desain dan prinsip manufaktur, kami pikir pada akhirnya, kami bisa mendapatkan lebih banyak pesawat ruang angkasa dari fasilitas yang sama,” kata Cinnamon.

Gedung yang akan digunakan sebagai Pabrik Satu ini telah disewa untuk masa pakai 10 tahun. Tak hanya menjadi pabrik, gedung ini akan dijadikan sebagai kantor pusat perusahaan. Apex pun berencana membuka fasilitas tambahan.

Sebagai informasi, Apex berhasil menyewa gedung dengan menggunakan dana putaran Seri A senilai 16 juta dolar AS atau sekitar Rp247 miliar. Seluruh dana itu berhasil Apex kumpulkan pada pertengahan tahun ini.

Awalnya, Apex memang menargetkan pengumpulan dana hingga Rp247 miliar. Akan tetapi, perusahaan itu mampu melampaui target karena mereka telah mengumpulkan dana sebesar 27 dolar AS (Rp416 miliar), terhitung sejak putaran awal.