Bagikan:

 

JAKARTA - Telegram memiliki fitur yang dinamakan Saluran Telegram atau Telegram Channel. Saluran ini adalah alat untuk menyiarkan pesan kepada khalayak ramai. 

Saluran Telegram berbeda dengan grup Telegram, meski tampak serupa. Misalnya, grup Telegram dapat memiliki hingga 200.000 pengguna dan terbuka untuk umum.

Di sisi lain, Saluran dirancang khusus untuk menyiarkan pesan kepada khalayak luas. Berbeda dengan kelompok, saluran ini tidak dirancang untuk percakapan. Jadi, hanya pemilik saluran atau admin yang dapat memposting ke saluran tersebut. 

Setiap pesan memiliki jumlah penayangan dan detail siapa yang membagikan pesan tersebut, dan saluran dapat menyertakan multimedia seperti video, audio, jajak pendapat, dan banyak lagi.

Cara Mencari dan Bergabung ke Saluran Telegram

Jika Anda mengetahui nama saluran Telegram yang ingin Anda ikuti, Anda dapat melakukannya langsung dari aplikasi Telegram. Prosesnya sedikit berbeda untuk aplikasi iPhone dan Android. 

Di ponsel pintar Android, buka aplikasi Telegram dan ketuk tombol pencarian dari pojok kanan atas. Selanjutnya, ketik nama saluran Telegram yang ingin Anda ikuti dan pilih dari hasil pencarian. Dari sana, cukup ketuk tombol Join. 

Jika Anda menggunakan iPhone, buka aplikasi Telegram dan buka tab Chat. Di sini, ketuk bilah pencarian dari atas layar. Di sini, ketik nama saluran Telegram yang ingin Anda ikuti. Kemudian, ketuk tombol Join.