SpaceX Baru Mencapai 91 Peluncuran dari Target 100 Keberhasilan
SpaceX targetkan 100 peluncuran roket (foto: twitter @SpaceX)

Bagikan:

 

JAKARTA – Pada Agustus tahun lalu, SpaceX berencana meluncurkan 100 roket di tahun 2023. Belum bisa dipastikan apakah peluncuran ini berhasil, tetapi kita bisa melihat riwayat peluncurannya.

Dari laporan Spaceexplored, SpaceX telah berhasil meluncurkan 91 roket sejak awal tahun. Roket ini pun beragam, mulai dari Falcon 9, Falcon Heavies, hingga Starship. Jumlah peluncuran ini tidak termasuk pesawat luar angkasanya.

SpaceX telah meluncurkan 85 Falcon 9, 4 Falcon Heavies, dan 2 Starship. Sejauh ini, 63 peluncuran dilakukan di wilayah Pantai Timur, 2 peluncuran di Starbase, dan 26 peluncuran di wilayah Pantai Barat.

SpaceX paling sering meluncurkan Starlink untuk membangun konstelasi di Orbit Rendah Bumi (LEO). Dari total 91 peluncuran, hanya 32 peluncuran yang tidak berkaitan dengan satelit Starlink.

Jika pesawat luar angkasanya masih dikecualikan, SpaceX berhasil mendaratkan 91 kendaraan dan tingkat keberhasilannya mencapai 100 persen. Dari 91 keberhasilannya, 73 kendaraan didaratkan di atas drone.

Seluruh kendaraan yang diluncurkan telah membawa muatan mencapai 1.135.935 kilogram. Muatan ini cukup beragam, tetapi tidak termasuk muatan kru, muatan rideshare, dan muatan untuk misi rahasia.

Melihat jumlah keberhasilan ini, SpaceX mungkin berhasil mencapai jumlah 100 peluncuran sebelum akhir tahun. Namun, Spaceexplored mencatat bahwa rata-rata peluncuran SpaceX hanya 3,65 hari. Seharusnya, SpaceX meluncurkan kendaraan mereka tiap 3,79 hari.