Kelebihan dan Kekurangan Mouse Wireless Untuk PC dan Laptop
Kelebihan dan kekurangan mouse wireless (Gambar Oscar Ivan Esquivel Arteaga-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagi para gamer dan pekerja, punya laptop ataupun PC apabila tak memiliki mouse itu bagaikan sayur tanpa garam. Hal itu karena mouse cukup membantu dalam memudahkan kita bekerja di komputer. Seiring dengan perkembangan zaman ini, mouse pun sekarang memiliki dua tipe yaitu kabel dan juga wireless. Kali ini kita bakal membahas apa saja kelebihan dan kekurangan mouse wireless, berikut penjelasannya.

Kelebihan dan Kekurangan Mouse Wireless

Kelebihan Mouse Wireless

1. Mudah Dibawa

Kelebihan yang diunggulkan dalam mouse bertipe wireless ini adalah karena proses membawanya yang tergolong simpel. Hal itu dikarenakan mouse kabel dianggap ribet karena harus digulung terlebih dahulu sebelum di bawa.

Namun perlu diingat, sebelum membawa mouse wireless, pastikan kalau tombol on dan offnya dimatikan agar tidak terlalu boros.

2. Kelihatan Rapi

Mouse wireless mempunyai kelebihan tidak menggunakan kabel yang bisa membuat tampilan meja jadi lebih kelihatan rapi.

Sedangkan bila memakai mouse kabel tentu terdapat kabel yang berseliweran di meja sehingga membuat jadi kurang enak di lihat.

3. Pergerakan Lebih Leluasa

Ini mempermudah kalian apabila mau memakai mouse dengan jarak yang lebih jauh. Biasa digunakan apabila kalian mau memakai layar yang besar semacam Televisi yang dihubungkan ke laptop, serta kalian juga bisa bersantai di sofa.

Tidak hanya itu saja, dengan memakai mouse wireless presentasi di kelas pula dapat dilakukan dari jarak yang lumayan jauh dari laptop. Kalian dapat membawa mouse ini sembari berkeliling kelas sembari memberikan interaksi dengan para audiens.

Kekurangan Mouse Wireless

1. Receiver Gampang Hilang

Receiver ialah fitur yang sangat penting sekali buat mouse wireless. Sebab fitur ini yang nantinya bakal menerima inputan sinyal dari mouse buat diteruskan ke pc ataupun laptop.

Bila barang ini tidak ada, maka mouse bakal tidak dapat digunakan sama sekali. Ini biasa terjadi apabila kalian memakai mouse di 2 fitur. Dimensi dari receiver ini pula kecil sehingga apabila jatuh tidak bakal menimbulkan bunyi.

Umumnya buat meminimalisir perihal ini, ada sebagian mouse wireless yang mempunyai tempat buat menaruh receiver di dalam mousenya. Jadi kalian belilah yang seperti itu.

2. Daya Tidak Tahan Lama

Salah satu kekurangan dari mouse wireless yaitu dayanya yang tidak tahan lama. Energi yang terbatas ini disebabkan sumber energi yang digunakan buat menghidupkan mouse, yaitu memakai baterai.

Bila baterai mousenya telah habis tentu saja mousenya tidak dapat dipakai. Maka, ada baiknya buat senantiasa bawa baterai cadangan apabila mempunyai mouse dengan jenis semacam ini.

Daya tahan baterai ini pula bakal sangat mempengaruhi bila ada RGB di dalam mouse. Ada sebagian mouse semacam 'merek mouse gaming', yang di mana mempunyai aplikasi buat menyetel pilihan nyala lampu yang akan digunakan.

Tetapi terdapat banyak mouse yang tidak memiliki aplikasi sehingga mousenya sendiri tidak dapat disetel-setel secara otomatis. Umumnya, tidak ada mouse dengan RGB yang mempunyai saklar buat mematikan RGB-nya, sehingga ini pula mempengaruhi berapa lama baterainya bisa bertahan.

Memang benar, mouse wireless itu mempunyai mekanisme buat mati sendiri setelah beberapa menit dipakai, nanti waktu mau pakai lagi tinggal tekan salah satu tombol mousenya saja deh!

3. Lebih Berat

Mouse wireless ini mempunyai bobot yang sedikit lebih berat bila dibanding dengan mouse kabel. Hal ini biasa terjadi sebab terdapatnya baterai di mouse ini akan terasa lebih berat dibandingkan yang memakai kabel.

Umumnya bakal bermasalah pada saat pemakaian pertama kali. Tetapi kendala tersebut bakal sirna sehabis terbiasa memakai mouse ini.

3. Harga Lebih Mahal

Buat mouse berjenis wireless pula umumnya biayanya lebih mahal bila dibandikan dengan mouse berkabel. Sebab memakai teknologi wireless, berarti wajib memakai teknologi radio yang di mana itu dapat menaikkan anggaran pembuatan mouse itu sendiri.

Tetapi pada realitanya, saat ini mouse wireless sendiri ada yang biayanya di bawah 100 ribuan, mungkin kualitasnya tak begitu bagus dan juga awet. Istilahnya, ada harga, ada kualitas, sehingga bisa jadi bahan pertimbangan kalian untuk membeli mouse wireless.

Jadi setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan mouse wireless, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!