Bagikan:

JAKARTA – Beberapa pengguna MacBook mungkin pernah mengalami masalah aplikasi yang tidak mau dihentikan. Masalah ini sebenarnya umum terjadi dan ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Jika aplikasi yang Anda buka tidak kunjung berhenti beroperasi meski sudah menunggu cukup lama, Anda bisa menutupnya secara paksa. Berikut ini tiga cara mengeluarkan aplikasi MacBook secara paksa, mengutip dari Makeuseof.

Tutup Aplikasi Secara Paksa Lewat Dock

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mematikan aplikasi lewat Dock Mac. Anda perlu mengeklik Control dan ikon aplikasi di waktu yang sama untuk memunculkan beberapa pilihan.

Biasanya, Anda hanya akan melihat menu Keluar di pilihan paling bawah. Namun, coba untuk menekan tombol Option di keyboard Anda. Saat tombol itu ditekan, menu Keluar akan berubah menjadi Paksa Keluar.

Tutup Aplikasi Melalui Menu Apple

Tidak perlu khawatir jika menutup aplikasi lewat Dock tidak berhasil. Anda masih bisa mematikan aplikasi yang tidak beroperasi secara paksa melalui menu Apple. Menu ini berada di bagian pojok kiri atas layar.

Saat mengeklik logo Apple, Anda akan melihat beragam pilihan tentang Mac maupun aplikasi. Tepat di bawah menu Item Terbaru, Anda akan melihat menu Paksa Keluar. Setelah diklik, aplikasi seharusnya langsung menutup secara otomatis.

Tutup Paksa dengan Bantuan Keyboard

Cara terakhir yang bisa Anda terapkan adalah dengan menggunakan pintasan keyboard. Pintasan ini bisa diakses dengan menekan tombol Command (Cmd), Option, dan Escape (Esc) secara bersamaan.

Setelah ketiga tombol ditekan, Anda akan melihat tampilan Tutup Paksa Aplikasi dan deretan aplikasi yang masih beroperasi. Pilih aplikasi yang ingin dihentikan dan ketuk opsi Tutup Paksa.

Itu dia tiga cara yang bisa Anda lakukan ketika aplikasi MacBook tak bisa ditutup secara normal. Perlu diingat bahwa beberapa cara ini merupakan alternatif ketika aplikasi sedang bermasalah. Jika aplikasi Anda berjalan dengan normal, cukup tekan tombol Command dan Q di keyboard.