Apple Tarik Pembaruan iOS 17.3 Beta 2 karena Kerusakan pada iPhone
Ilustrasi iPhone yang eror karena instalasi iOS beta terbaru (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

 

JAKARTA – Apple baru merilis iOS 17.3 beta 2 untuk para developer pada Rabu, 3 Januari. Tak lama setelah dirilis, pembaruan ini harus ditarik karena instalasinya yang merusak sejumlah iPhone.

Dari laporan 9to5mac, instalasi iOS 17.3 beta 2 menyebabkan loop reboot tanpa batas sehingga ponsel hanya menampilkan logo Apple saat dinyalakan. Selain itu, beberapa iPhone mengalami reset pabrik secara paksa setelah mengunduh pembaruan tersebut.

Laporan mengenai masalah ini terus bermunculan di media sosial seperti platform X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, dan Reddit. Dari banyaknya laporan yang muncul, masalah bootloop dan reset pabrik ini hanya terjadi di iPhone 14 series dan iPhone 15 series.

Apple belum memberikan respons terkait masalah ini, tetapi seorang developer bernama Guilherme Rambo menduga bahwa masalah ini berkaitan dengan fitur Back Tap di iPhone. Terlepas dari penyebabnya, Apple telah bertindak cepat dengan menarik pembaruan tersebut.

Jika ponsel Anda mengalami bootloop karena instalasi dari iOS beta 2 terbaru, ada cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah tersebut. Namun, cara ini harus menggunakan perangkat MacBook.

Pertama, unduh software iOS 17.3 beta 1 IPSW di MacBook yang Anda gunakan, kemudian sambungkan iPhone ke MacBook. Setelah itu, tekan tombol volume atas dan volume bawah, lalu tekan dan tahan tombol samping.

Saat layar pemulihan muncul, buka Finder di MacBook atau iMazing untuk memulihkan IPSW. Jika menggunakan iMazing, data di perangkat Anda akan aman, sementara pemulihan menggunakan Finder akan menghapus data secara otomatis.