SpaceX Akan Hadirkan Versi Kedua dari Starship
Empat kendaraan terakhir Starship versi pertama (foto: twitter @elonmusk)

Bagikan:

 

JAKARTA – Elon Musk, pemilik dari SpaceX, memberikan pesan tersirat bahwa versi kedua dari pesawat antariksa Starship akan segera hadir. Pesan ini dibagikan pada Jumat, 24 November.

Musk mengatakan bahwa, “Empat Starship lagi, yang terakhir dari V1.” Artinya, masih ada empat kendaraan Starship yang harus melalui tahap pengujian sebelum SpaceX beralih ke versi kedua.

Dari laporan Space explored, empat tahap atas dari Starship yang tersisa adalah kendaraan bernomor 28, 29, 30, dan 32. Nomor 31 ada dan telah dirakit, tetapi dipindahkan ke Taman Roket Starbase, pelabuhan dan landasan peluncuran SpaceX.

Belum diketahui apakah keempat kapal untuk Starship ini akan digunakan, tetapi kapal 28 telah dipindahkan ke High Bay, tempat perakitan Starship. Kapal ini sedang ditingkatkan di bagian pelindung panasnya.

Sementara itu, kendaraan versi kedua akan membawa beberapa perubahan baru. Pada versi terbaru, kendaraan ini dapat menampung lebih banyak propelan, mengurangi massa kering, dan menjadi lebih andal dari versi sebelumnya.

Perubahan dari kendaraan Starship sebenarnya bukan sesuatu hal yang baru. Starship sudah memiliki banyak masalah di tahun ini dan kemungkinan besar SpaceX akan memperbaiki desain dari kendaraan itu.

Salah satu perubahan yang sempat dibicarakan adalah mesin yang dioptimalkan. Beberapa waktu lalu, Starship direncanakan akan memiliki sembilan mesin dengan enam mesin yang dioptimalkan menggunakan vakum di bagian bawah.

Sementara itu, Starship akan memiliki ruang di bagian bawah yang akan digunakan untuk memasang tiga mesin tambahan. Akan tetapi, seluruh pembicaraan ini masih wacana dan belum ada kepastian dari SpaceX.

x