Bagikan:

JAKARTA - YouTube terus meningkatkan alatnya dengan dukungan Artificial Intelligence (AI) untuk membantu para kreator. Sekarang, YouTube memperkenalkan Alat AI Musik baru. 

Berkolaborasi dengan Louis Bell sebagai Produser/penulis lagu ternama, alat AI Musik yang baru ini diklaim mampu membuat lagu, hanya dengan bersenandung saja. 

“Para artis, penulis lagu, dan produser di Inkubator AI Musik membantu kami menguji, mempelajari, mendapatkan masukan, dan mendengar ide sehingga kami dapat mengembangkan pengalaman terbaik bagi komunitas artis, penonton, dan penggemar kami,” tulis Lyor Cohen, Kepala Musik Global, YouTube dalam pengumumannya. 

Lebih lanjut, Cohen mengatakan bahwa alat ini masih dalam tahap pengembangan. Namun, mereka berniat untuk dapat mengujinya pada akhir tahun ini. 

“Bayangkan bisa dengan lebih lancar mengubah pemikiran dan ide seseorang menjadi musik; seperti membuat riff gitar baru hanya dengan menyenandungkannya atau mengambil lagu pop yang sedang Anda kerjakan dan memberikan nuansa reggaeton,” jelasnya. 

Jika digabungkan, eksperimen ini akan mengeksplorasi potensi fitur AI untuk membantu seniman dan kreator mengembangkan imajinasi mereka dan meningkatkan proses kreatif mereka. 

Di tengah pesatnya teknologi AI saat ini, YouTube berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan para artis dan mitra, untuk bersama-sama mengeksplorasi peluang baru secara kritis dan mengembangkan kerangka kontrol, monetisasi, dan atribusi yang masuk akal dan berkelanjutan.

“Kami masih dalam tahap awal pekerjaan ini dan berharap bahwa kami akan terus mengembangkan pendekatan kami seiring dengan pembelajaran lebih lanjut,” tutup pengumuman itu.