Bagikan:

JAKARTA - Selama pertemuan pendapatan Q4 dengan para investor, CEO Apple Tim Cook membantah bahwa Apple tertinggal dengan perusahaan lain terkait pengembangan teknologi kecerdasan buatan (AI). 

Karena menurutnya, semua fitur-fitur baru yang tersedia di iOS 17, seperti Personal Voice dan Live Voicemail contohnya, tidak akan dapat berfungsi tanpa adanya AI. 

“Kami memberi label pada mereka sesuai dengan manfaat konsumennya. Tetapi teknologi mendasar di baliknya adalah AI dan pembelajaran mesin," kata Cook, mengutip dari TechCrunch

Cook juga menegaskan bahwa AI adalah teknologi inti dari fitur-fitur tersebut. Karena, tanpa adanya AI, fungsi dari fitur itu tidak akan terjadi. 

“AI adalah inti dari fitur-fitur ini. Kemudian, Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur penyelamat nyawa di jam tangan dan ponsel seperti deteksi jatuh, deteksi tabrakan, EKG di jam tangan. Hal ini tidak akan mungkin terjadi tanpa AI,” katanya. 

Lebih lanjut, Cook juga mengonfirmasi bahwa Apple sedang mengerjakan teknologi AI generatif.  Namun, dia menolak untuk memberikan rinciannya karena Apple tidak benar-benar melakukan hal tersebut. 

Sementara itu, Live Voicemail merupakan sebuah fitur yang bisa membuat sistem untuk dapat mengangkat telepon otomatis saat nomor tidak dikenal menelpon pengguna. 

Sedangkan Personal Voice adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk dapat membuat suara sintesis yang terdengar seperti suara Anda sendiri untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman.