Kemitraan Indosat dan Google Hadirkan RCS Business Messaging Pertama di Indonesia
Kemitraan strategis Indosat dan Google (foto: Indosat)

Bagikan:

JAKARTA - Indosat Ooredoo Hutchison mengumumkan kemitraan strategisnya dengan Google dalam meluncurkan layanan Rich Communication Services (RCS) Business Messaging pertama di Indonesia.

RCS adalah protocol perpesanan dengan berbagai macam fungsi di luar yang ditawarkan layanan pesan singkat (Short Message Service/SMS), mulai dari kemampuan membaca tanda terima, berbagi dokumen, hingga foto beresolusi tinggi.

Dengan fitur ini, layanan SMS Application-to-Person (A2P) Indosat yang sebelumnya hanya memungkinkan untuk mengirimkan layanan pesan singkat SMS saja ke pelanggan, kini menyertakan branding dan verifikasi bisnis, saran balasan, serta kartu pesan carousel

Dengan RCS Business Messaging, konsumen akan mendapatkan pengalaman yang aman, nyaman, dan menarik sektor usaha khususnya UMKM, untuk memanfaatkan saluran baru ini.

“Melalui RCS Business Message yang diluncurkan pertama kali di Indonesia ini, pelaku UMKM dapat memanfaatkan saluran ini untuk mendorong jangkauan bisnisnya dan memberikan pengalaman bernilai tambah," ujar President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha dalam siaran resminya dikutip Jumat, 3 November. 

Tan Bee Loon, Head of Business Development for Communication Products (Asia) di Google juga menyatakan rasa senangnya terhadap kemitraannya dengan Indosat. 

Loon juga mengharapkan kemitraan ini dapat membantu banyak usaha kecil dan menengah di Indonesia mempercepat upaya transformasi digital mereka dan mengakselerasi transformasi digital Indonesia secara keseluruhan.