Bagikan:

JAKARTA - Twilio, platform interaksi dengan pelanggan yang menghasilkan pengalaman real-time dan terpersonalisasi, mengumumkan ketersediaan fitur Rich Communication Services (RCS) secara global melalui layanan Programmable Messaging dan Verify API.

Dengan fitur baru ini, pelaku usaha dapat mengirim pesan bermerk (branded message) yang terverifikasi, guna membangun kepercayaan dan kesetiaan pelanggan secara efektif, tanpa perlu mengubah kode program. 

Selain itu, RCS dari Twilio juga menawarkan pembaruan otomatis untuk pesan SMS ke RCS tanpa biaya tambahan untuk pesan biasa hingga 160 karakter, lengkap dengan logo dan nama perusahaan atau brand, tagline, verifikasi pengirim tepercaya dari Google, dan tanda terima baca (read receipt). 

Lebih lagi, pesan RCS menghadirkan tombol call-to-action, carousel interaktif, fitur berbagi lokasi, dan opsi balasan cepat. Kemudian, salah satu keunggulan utama RCS dari Twilio adalah mudah diterapkan. 

“Twilio percaya bahwa proses membangun interaksi dengan pelanggan harus terjadi tanpa hambatan dan dengan jaminan keamanan,” ujar Inbal Shani, Chief Product Officer di Twilio Communications dalam siaran resminya. 

Inbal juga percaya bahwa RCS Twilio dapat mewujudkannya interaksi yang lebih kaya, jaminan pesan tersampaikan, dan yang paling penting adalah membangun kepercayaan terhadap brand. 

Menurutnya, bagi bisnis yang membutuhkan saluran komunikasi yang lebih dinamis dan interaktif, RCS menawarkan alternatif yang lebih aman, lebih tepercaya, dan lebih baik dari SMS.