Bagikan:

JAKARTA - Apple telah mengumumkan bahwa Apple Intelligence, sistem kecerdasan personal dari perusahaan, akan mulai diluncurkan bulan depan melalui pembaruan iOS 18.1, iPadOS 18.1, dan macOS Sequoia 15.1. 

Selain itu, Apple memperkenalkan jajaran iPhone 16 baru, yang dibuat dari awal untuk Apple Intelligence dan menampilkan chip A18 dan A18 Pro yang lebih cepat dan lebih efisien dari yang pernah ada.

Apple Intelligence pertama kali diluncurkan dalam bahasa Inggris AS, dan akan segera diperluas untuk Australia, Kanada, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Inggris pada bulan Desember, dengan dukungan bahasa tambahan seperti bahasa Mandarin, Prancis, Jepang, dan Spanyol yang akan hadir tahun depan.

Kumpulan fitur yang didukung Apple Intelligence 

Dengan writing tools dari Apple Intelligence, pengguna dapat menyempurnakan kata-kata mereka dengan menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks hampir di manapun termasuk Mail, Notes, Pages, dan aplikasi pihak ketiga. 

Di aplikasi Photos, fitur Memories yang didukung Apple Intelligence ini akan memungkinkan pengguna membuat film yang ingin mereka lihat hanya dengan mengetik deskripsi. Sedangkan Clean Up tools baru dapat mengidentifikasi dan menghapus objek yang mengganggu di latar belakang foto dengan lebih baik. 

Di aplikasi Notes dan Phone, pengguna dapat merekam, menyalin, dan meringkas audio. Saat merekam, Anda akan diberitahu secara otomatis, dan setelah panggilan berakhir, Apple Intelligence juga membuat ringkasan untuk membantu mengingat poin-poin penting.

Apple Intelligence juga menghadirkan fitur Reduce Interruptions untuk membantu pengguna meringkas notifikasi di seluruh aplikasi. Selain itu, fitur Focus baru hanya akan menampilkan notifikasi yang mungkin memerlukan perhatian segera. 

Serta ada juga fitur Priority Messages di Mail, yang memahami konten email dan menampilkan pesan yang sensitif terhadap waktu. Sedangkan Smart Reply di Mail akan memberi pengguna saran untuk respons cepat dan mengidentifikasi pertanyaan dalam email.

Untuk Siri, dengan kemampuan pemahaman bahasa yang lebih kaya, Siri akan dapat mengikuti ketika pengguna memasukkan kata-kata yang salah dan memahami konteks permintaan tersebut. 

Selain itu, dengan pengetahuan produk Siri yang luas, kini dapat menjawab ribuan pertanyaan tentang fitur dan pengaturan perangkat Apple.

Apple juga memastikan akan ada beberapa fitur-fitur Apple Intelligence lainnya yang akan diluncurkan akhir tahun ini dan beberapa bulan berikutnya. Adapun fitur-fitur tersebut adalah:

  • Image Playground, yang memungkinkan pengguna untuk membuat gambar-gambar yang menyenangkan dalam beberapa saat. 
  • Image Wand untuk membuat catatan lebih menarik secara visual dengan mengubah sketsa kasar menjadi gambar-gambar yang indah.
  • Emoji akan dibawa ke tingkat yang sama sekali baru dengan kemampuan untuk membuat Genmoji asli hanya dengan mengetikkan deskripsi, atau dengan memilih foto teman atau anggota keluarga.
  • Siri akan lebih canggih lagi, dengan kemampuan untuk memanfaatkan konteks pribadi pengguna untuk memberikan kecerdasan yang disesuaikan dengan mereka. 
  • Pengguna juga akan memiliki opsi untuk mengakses pengetahuan dunia ChatGPT yang luas dari beberapa pengalaman dalam iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia.