Bagikan:

JAKARTA - Samsung akhirnya mulai meluncurkan pembaruan sistem operasi Android 14 berbasis One UI 6.1.1 di lebih banyak negara. Setelah awalnya hanya tersedia di pasar asalnya, Korea Selatan, pembaruan terbaru ini kini telah dirilis untuk pengguna seri Galaxy S24 di wilayah lain.

Pembaruan One UI 6.1.1 pertama kali diumumkan bersamaan dengan peluncuran Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6. Pembaruan ini menghadirkan sejumlah fitur baru yang sebelumnya hanya tersedia di smartphone flagship lipat tersebut.

Setelah peluncuran di Korea Selatan, pengguna Galaxy S24 di Amerika Serikat dan China juga sudah dapat menikmati pembaruan ini. Di China, pembaruan hadir dengan versi firmware S9280ZHU3AXH7, sementara di Amerika Serikat menggunakan versi S928USQU3AXH7.

Selain itu, seri Galaxy S24 di Eropa juga dijadwalkan akan segera menerima pembaruan ini. One UI 6.1.1 juga dilengkapi dengan patch keamanan Agustus 2024 dan merupakan pembaruan besar dengan ukuran lebih dari 2,8GB.

Bagi pengguna yang ingin memeriksa apakah pembaruan sudah tersedia di perangkat mereka, bisa langsung menuju ke menu 'Pengaturan', kemudian pilih 'Pembaruan Perangkat Lunak', dan klik 'Unduh dan Instal'. Namun, karena pembaruan ini masih dalam tahap rilis terbatas, pengguna di negara-negara lain diharapkan akan segera mendapatkannya dalam beberapa hari mendatang.

Pembaruan One UI 6.1.1 membawa banyak fitur baru yang memanfaatkan kecerdasan buatan. Beberapa fitur baru yang menarik termasuk kemampuan Sketch to Image, Portrait Studio, peningkatan Composer, Live Translate, serta dukungan untuk aplikasi panggilan dan pesan pihak ketiga. Pengguna juga dapat menerjemahkan teks dalam gambar di situs web dengan lebih mudah.

Selain itu, pembaruan ini memungkinkan pengguna untuk merangkum teks di file PDF dan menerjemahkannya tanpa harus mengonversi dokumen ke dalam format lain. Fitur lainnya termasuk interpretasi waktu nyata, mode mendengarkan untuk interpretasi, peningkatan pada Samsung Keyboard, dan deteksi bahasa otomatis. Pembaruan ini juga menghadirkan wallpaper dinamis yang menampilkan informasi cuaca dan waktu secara real-time.