Bagikan:

JAKARTTA  – Apple dikabarkan akan menggelar acara peluncuran produk terbesar tahun ini pada 10 September mendatang. Dalam acara ini, Apple berencana memperkenalkan iPhone, AirPods, dan jam tangan pintar terbaru, menurut laporan Bloomberg News yang mengutip sumber yang akrab dengan situasi tersebut.

Meskipun tanggal ini belum diumumkan secara resmi, Apple tengah mempersiapkan peluncuran tersebut, dan diperkirakan produk-produk baru ini akan mulai dijual pada 20 September, sesuai dengan pola peluncuran Apple dalam beberapa tahun terakhir.

Para analis memprediksi siklus peningkatan yang kuat untuk iPhone 16, yang diharapkan hadir dengan pembaruan perangkat lunak terbesar yang pernah ada, termasuk fitur-fitur berbasis kecerdasan buatan (AI). Ini terjadi di saat para pesaing, seperti Samsung, telah lebih cepat dalam meluncurkan layanan serupa.

Peluncuran ini berlangsung di tengah-tengah prediksi Apple yang optimistis mengenai potensi pertumbuhan berkat AI, meskipun kinerja bisnisnya di China, pasar terbesar ketiga Apple, menurun 6,5% pada kuartal ketiga, lebih buruk dari perkiraan penurunan 2,4% menurut Visible Alpha.

Pada konferensi pengembang tahunan di bulan Juni lalu, Apple memperkenalkan strategi AI yang telah lama dinantikan, dengan mengintegrasikan teknologi "Apple Intelligence" ke dalam rangkaian aplikasinya, termasuk Siri, serta menghadirkan chatbot ChatGPT dari OpenAI ke perangkat-perangkatnya.

Namun, beberapa analis menyatakan bahwa peningkatan dari fitur AI ini kemungkinan belum akan terasa dalam jangka pendek, terutama mengingat ketergantungan Apple yang masih sangat besar pada penjualan iPhone.