SEC AS Pertimbangkan Setujui ETF Bitcoin Spot: Apa yang Terjadi Selanjutnya?
ETF Bitcoin sedang dipertimbangkan oleh regulator AS. (Foto; Dok. Bitcoinist)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) sedang mempertimbangkan permohonan Grayscale untuk mendapatkan persetujuan ETF Bitcoin spot setelah pengadilan mengubah keputusannya. Pertemuan tertutup dengan pejabat SEC telah dijadwalkan, termasuk Komisaris, Penasihat Komisaris, Sekretaris Komisi, dan sekretaris pencatat.

Pengadilan AS telah memerintahkan SEC untuk meninjau kembali keputusan sebelumnya yang menolak proposal ETF Bitcoin spot dari Grayscale. Pengadilan menekankan persamaan antara Grayscale dan ETF Bitcoin futures yang telah disetujui.

Pertemuan tertutup akan membahas sejumlah topik, termasuk penyelesaian tindakan ganti rugi, proses administratif, penyelesaian klaim litigasi, dan aspek-aspek lain yang terkait dengan peninjauan dan penegakan hukum.

Pertanyaan yang masih terbuka adalah apakah SEC akan meminta persetujuan pengadilan untuk waktu tambahan sebelum membuat keputusan. Tenggat waktu yang berlalu pada 13 Oktober 2023 telah menetapkan tahapan penting dalam proses persetujuan ETF Bitcoin spot pertama di Amerika Serikat.

Sementara spekulasi di pasar adalah bahwa SEC AS kemungkinan akan menyetujui semua aplikasi ETF spot sekaligus, Grayscale memiliki keunggulan dalam hal waktu karena perintah pengadilan sebelumnya. CEO Galaxy Digital, Mike Novogratz, telah menyatakan bahwa ia berharap persetujuan untuk ETF Bitcoin spot dapat diterima dari SEC kapan saja pada tahun 2023.