Harga Bitcoin Melonjak di Atas Rp728 Juta, Ini Penyebabnya!
Bitcoin mengalami kenaikan harga signifikan sejak tadi malam. (Foto; Dok. Pexels)

Bagikan:

JAKARTA – Aset digital yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto, Bitcoin (BTC) telah menarik perhatian publik dalam beberapa tahun terakhir. Bitcoin berpeluang untuk menjadi produk investasi yang sah. Pasalnya, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) diperkirakan akan segera menyetujui beberapa permohonan dana pertukaran (ETF) bitcoin spot pada minggu ini.

Kabar ini membuat harga BTC melonjak hingga melewati $47.000 (Rp728 juta). Dengan adanya ETF bitcoin spot, investor dapat membeli dan menjual bitcoin dengan lebih mudah dan murah. Investor tidak harus memiliki atau menyimpan bitcoin sendiri.

Saat ini, ada 10 pendaftar ETF spot bitcoin yang sedang menunggu keputusan SEC, yaitu Ark Invest, 21shares, Bitwise, Fidelity, Galaxy Digital, Grayscale, Kryptoin, NYDIG, Valkyrie, dan WisdomTree. Kesepuluh pendaftar ini telah mengajukan amendemen terakhirnya kepada SEC pada hari Senin lalu, sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan oleh regulator.

Menurut laporan CNBC, SEC kemungkinan akan mengumumkan keputusannya terkait persetujuan ETF bitcoin spot pada Rabu pekan ini. Kate Rooney, seorang reporter CNBC, mengutip dua sumber yang dekat dengan proses ini.

"ETF Bitcoin sekarang secara luas diharapkan mendapatkan lampu hijau minggu ini. Dua sumber yang dekat dengan proses ini memberi tahu saya bahwa tampaknya hari Rabu ... SEC diharapkan menyetujui beberapa proposal sekaligus," kata Kate Rooney.

Tidak hanya itu, dia juga menyebutkan bahwa Rabu, 10 Januari merupakan batas waktu untuk ETF spot bitcoin yang diusulkan oleh Ark Invest milik Cathie Wood dan 21shares. Jika persetujuan terjadi, perdagangan ETF spot bitcoin diperkirakan akan dimulai pada hari Kamis atau Jumat.

Salah satu pendaftar ETF bitcoin yang optimis adalah Blackrock, manajer aset terbesar di dunia. Blackrock mengharapkan SEC menyetujui Ishares Bitcoin Trust-nya pada Rabu. Blackrock juga telah mendaftarkan Trust-nya sebagai sekuritas dengan SEC pada hari Senin sore. Blackrock dikabarkan telah menyiapkan lebih dari $2 miliar (Rp 31 triliun) untuk peluncuran ETF bitcoin spot-nya.

Mantan Ketua SEC Jay Clayton juga yakin bahwa SEC akan menyetujui ETF spot bitcoin. Dia mengatakan di CNBC pada  Senin: "Saya pikir persetujuan tidak terelakkan, dan saya pikir tidak ada yang tersisa untuk diputuskan."