Bagikan:

JAKARTA - Pada  Maret lalu, Duolingo dikabarkan akan menghadirkan aplikasi pembelajaran barunya, yakni Duolingo Music.  Kabar ini sekarang telah dikonfirmasi oleh perusahaan melalui postingan blog terbarunya.

"Jika Anda mengikuti Duocon 2023, penawaran terbaru kami mungkin adalah musik yang cocok untuk Anda Benar, kami memperkenalkan kursus Musik baru," tulis perusahaan dalam pengumumannya.

Duolingo juga mengungkapkan alasan mereka menghadirkan Duolingo Music adalah karena perusahaan menemukan bahwa belajar musik dapat membantu keterampilan membaca, verbal, mendengarkan, dan matematika. Bahkan dapat menunda penurunan kognitif yang berhubungan dengan penuaan.

Selain itu, perusahaan melihat ada lebih dari 3,6 juta siswa di AS tidak memiliki akses terhadap pendidikan musik. Kemudian, jika mereka ingin melanjutkan pengajaran lebih lanjut, les privat dapat menghabiskan biaya yang tidak murah.

"Musik sesuai dengan misi kami untuk menjadikan pendidikan dapat diakses oleh semua orang di planet ini, dan kami ingin memastikan jutaan orang yang tidak memiliki akses terhadap pendidikan musik masih dapat mengembangkan keterampilan yang menyenangkan dan memperkaya ini," tambahnya. 

Sebagai permulaan, Duolingo Music akan tersedia di perangkat iOS dalam bahasa Inggris dan Spanyol, sekitar bulan November. Namun, perusahaan berharap dapat segera menghadirkan kursus ini kepada lebih banyak pelajar.

Saat diluncurkan nanti, Duolingo Music akan mengajarkan Anda:

  • Irama
  • Nama notasi dan letak not pada piano
  • Cara menyatukan suara untuk memainkan lagu yang familiar
  • Cara membaca musik dan “menerjemahkan” apa yang Anda lihat atau dengar
  • Cara melatih telinga untuk membedakan nada dan bunyi yang berbeda (seperti nada tinggi dan rendah)