Bagikan:

JAKARTA – Google tidak akan meningkatkan berbagai aspek seperti fitur dan keamanan di Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Mereka juga berencana menyediakan suku cadang atau komponen dari seri Pixel selama tujuh tahun.

Mengutip dari The Verge, Direktur Manajemen Produk Google Soniya Jobanputra mengatakan bahwa penyediaan komponen Pixel 8 dan Pixel 8 Pro merupakan salah satu komitmen mereka.

Dengan penyediaan komponen selama tujuh tahun, mereka berharap seri Pixel 8 bisa bertahan lebih lama dari yang diharapkan atau setidaknya bisa tetap hidup selama tujuh tahun itu.

Komitmen ini tentu menjadi langkah yang baik mengingat Google terkenal sulit menyiapkan komponen cadangan, termasuk pada perangkat Pixel Watch mereka. Namun, Google tidak menjelaskan apakah komponen yang mereka sediakan memang untuk para penggunanya.

California sendiri saat ini sedang menjadikan hak perbaikan perangkat sebagai undang-undang. Dalam undang-undang tersebut, setiap perusahaan harus menawarkan komponen cadangan setidaknya selama tujuh tahun setelah perangkat itu dirilis.

Undang-undang ini diperkirakan mulai berlaku pada Juli tahun depan. Melihat pada aturan ini, kemungkinan besar Google mengambil langkah aman dengan menyediakan cadangan lebih dahulu, terlebih RUU itu menyertakan perangkat yang dijual sejak tahun 2021.

Melihat pada RUU California ini, Google mungkin akan menyediakan komponen cadangan untuk Pixel Watch di masa mendatang. Hal ini tentu menguntungkan para pengguna jam tangan pintar Google karena sejauh ini perusahaan tersebut hanya menyediakan garansi.