Bagikan:

JAKARTA - Stoke Space, perusahaan peluncur roket, sedang membuat roket pertama yang sepenuhnya reusable atau bisa digunakan kembali. Melalui laman resminya, Stoke Space memperkenalkan roket itu dengan nama Nova.

Nova  berasal dari bahasa latin novus yang artinya baru. Pemberian nama ini mengacu kepada peristiwa astronomi saat bintang baru saja lahir dari sisa-sisa bintang lama.

Pada sejarahnya, Nova merupakan istilah untuk bintang yang tiba-tiba muncul di langit. Namun, CEO Stoke Space, Any Lapsa, mengatakan bahwa nama ini dipilih untuk menghormati warisan dari pencapaian di generasi sebelumnya.

Meski Stoke Space sudah semangat membeberkan nama Nova, roketnya  belum selesai dibangun. Setidaknya, pembuatan roket ini sudah benar-benar jelas dan nyata, tidak hanya sekadar wacana.

Dengan pengembangan Nova, Stoke berhasil mengejar pencapaian besar. Pasalnya, SpaceX belum membuat tahap atas roketnya menjadi reusable. Rata-rata tahap dua roket pun tidak bisa dipulihkan kembali, tetapi Nova sedang mengembangkan itu.

Saat ini, Stoke masih mengembangkan Nova dan melakukan beberapa uji coba pada roket tersebut. Uji coba ini tak hanya fokus pada peluncuran, tetapi juga pada fitur-fitur canggih yang Nova miliki.

Setelah Nova siap untuk diluncurkan, Stoke akan memakai Launch Complex 14 di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral, Florida. Stoke  telah mendapatkan izin untuk menerbangkan Nova ke orbit melalui tempat lepas landas terkenal itu.