Bagikan:

JAKARTA - OpenAI, perusahaan pengembang perangkat lunak Kecerdasan Buatan (AI), dikabarkan berencana membuat chip AI terbaru. Mengutip dari Reuters, OpenAI telah merencanakan pembuatan chip ini sejak tahun lalu.

OpenAI sendiri sedang mempertimbangkan strategi yang tepat dalam membuat chip yang unggul. Salah satu strategi yang mungkin akan mereka lakukan adalah mengakuisisi produsen chip AI untuk merancangnya secara internal.

Saat ini, sebagian besar perusahaan mengandalkan perangkat keras berbasis GPU untuk mengembangkan AI seperti ChatGPT, GPT-4, dan DALL-E 3 milik OpenAI. Melihat pada permintaan yang tinggi pada rantai pasokan GPU, OpenAI mungkin mengalami kendala.

GPU menjadi poin yang penting untuk menjalankan dan melayani model OpenAI, tetapi biayanya sangat mahal. Jika OpenAI tetap yakin untuk memproduksi AI buatannya sendiri, perlu banyak biaya dan waktu yang mereka butuhkan.

Membuat chip AI dan mendistribusikannya ke pasar akan memakan waktu hingga bertahun-tahun menurut TechCrunch. Tidak hanya itu, OpenAI akan mengeluarkan dana hingga ratusan juta dolar AS setiap tahunnya.

Mengingat dananya yang tidak sedikit, OpenAI tentu memerlukan investor yang tepat dan percaya dengan kemampuan mereka. Belum diketahui apakah perusahaan pengembang perangkat seperti Microsoft berani mengambil risiko untuk mendukung OpenAI.

Namun, OpenAI memiliki posisi yang menguntungkan untuk menerima banyak investor dalam penelitian dan pengembangan chip AI yang akan mereka ciptakan. Pasalnya, mereka telah berhasil dengan AI seperti ChatGPT hingga seri DALL-E sejauh ini.