Bagikan:

JAKARTA - NFT atau Non-Fungible Tokens tidak selamanya mengalami tren positif. Seperti saat ini contohnya, NFT tidak lagi banyak dibicarakan orang seperti zaman Ghozali Everyday tahun lalu. 

Meski demikian, CEO Tokocrypto Yudhono Rawis, mengatakan bahwa pasang surut pasar NFT ini sangat normal terjadi. Namun Yudho optimistis dengan masa depan NFT. 

Tren dan Edukasi 

Penjelasan Yudho, NFT lebih dari sekedar tren dan merupakan revolusi dalam cara memahami hak milik digital. NFT memberikan kemampuan untuk mengotentikasi dan memverifikasi kepemilikan aset digital, sebuah fitur yang sebelumnya sulit dicapai. 

Hal ini berarti bahwa di masa depan, segala jenis aset digital, mulai dari desain produk hingga hak cipta musik, dapat di-tokenisasi dan diperdagangkan dengan aman.

Kedua, meski ada penurunan, sejumlah platform NFT masih mencatatkan transaksi yang cukup signifikan. Ini menunjukkan bahwa ada permintaan yang tetap untuk NFT. Beberapa platform atau proyek NFT tetap populer dan menguntungkan. 

Misalnya, OpenSea, pasar NFT terbesar, mencatatkan volume perdagangan lebih dari 10 miliar dolar AS (Rp156,3 triliun) pada bulan Maret 2023. Demikian pula, beberapa gim berbasis NFT seperti Axie Infinity atau CryptoKitties masih memiliki basis pengguna dan pendapatan yang besar.

Untuk mengangkat NFT kembali berjaya, Yudho mengungkapkan, mungkin ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para kreator, kolektor, dan investor NFT. 

Untuk kreator harus bisa menciptakan NFT yang lebih berkualitas, unik, dan bermakna. Serta, meningkatkan regulasi dan kebijakan yang mendukung perkembangan NFT tanpa menghambat kreativitas dan inovasi.

"Salah satu pembeda NFT adalah bahwa mereka dapat merepresentasikan aset digital yang memiliki nilai seni, budaya, atau sejarah yang tinggi. Oleh karena itu, para pencipta NFT harus berusaha untuk membuat karya-karya yang menunjukkan kreativitas, orisinalitas, dan keahlian mereka," jelas Yudho. 

Selain itu yang paling penting adalah mengedukasi dan menginspirasi masyarakat luas tentang NFT. NFT masih merupakan konsep yang baru dan asing bagi banyak orang, terutama mereka yang tidak terbiasa dengan teknologi blockchain atau kripto.

"Oleh karena itu, para pelaku pasar NFT harus berusaha untuk menyebarkan kesadaran dan pengetahuan tentang NFT kepada masyarakat luas. Terutama mengenai apa itu NFT, bagaimana cara kerjanya, apa manfaatnya, dan apa risikonya," pungkasnya.