Bagikan:

YOGYAKARTA - Kalau kita ke bioskop tentunya kita pernah dong melihat tulisan Dolby Atmos. Nah pertanyaannya… apa itu Dolby Atmos?

Apa Itu Dolby Atmos

Dolby Atmos ialah suatu teknologi suara kitar yang dibesarkan oleh Dolby Laboratories. Melansir BBC News, disebutkan kalau teknologi ini awal kali diperkenalkan pada 8 Juni 2012, ialah kala peluncuran film Brave.

Berikutnya, pemasangan Dolby Atmos awal kali dicoba di Dolby Theater, Los Angeles buat penayangan perdana film Brave pada 22 Juni 2012.

Sehabis diperkenalkan pada 2012, pada 2013, Dolby Atmos telah sukses terpasang di 300 tempat. Apalagi, pada April 2019, Dolby Atmos telah terpasang di 4. 400 tempat di dunia. Tidak hanya itu, Dolby Atmos pula telah diadaptasi ke dalam format home theatre serta teknologi ini pula ada di berbagai smartphone semenjak 2016.

Di samping itu, teknologi ini digunakan dalam peringtatan 25 tahun peluncuran album kepunyaan R. E. M yang dirilis pada 1992, Automatic for the People. Perihal ini membuat album tersebut, jadi album pertama yang dicampur ulang dengan teknologi ini.

Dolby Atmos buat Home Theatre

Pada Juni 2014, Dolby melaporkan kalau Dolby Atmos bakal ada buat home theatre. Perihal ini membuat sebagian produsen perlengkapan audiovisual mulai mengumumkan kalau produk mereka dilengkapi dengan Dolby Atmos. Berikutnya, film awal yang dirilis Blu- ray dengan Dolby Atmos merupakan Transformers: Age of Extinction.

Dolby Atmos buat Smartphone

Semenjak 2016, Dolby melaporkan kalau teknologi Dolby Atmos mulai diterapkan pada sebagian smartphone. ponsel- ponsel pintar yang menunjang teknologi ini, antara lain iPhone XS/ XR, Razer Phone, ZTE Axon 7, Samsung Galaxy S8/ S8+, Samsung Galaxy S9/ S9+, Samsung Note 9, Galaxy Note 8, Samsung Galaxy J8, Samsung Galaxy S10, Samsung Galaxy Tab, Sony Xperia 1.

PS5 Dukung Audio Dolby Atmos

Sony menghadirkan audio 3D yang ditenagai oleh Tempest 3D AudioTech, sehingga bisa dinikmati oleh pemain yang memiliki perangkat HDMI yang mendukung Dolby Atmos yang kompatibel seperti soundbar, TV, atau sistem home theatre. 

"Tempest 3D AudioTech secara khusus memberikan perangkat audio Dolby Atmos yang digunakan, termasuk saluran overhead – yang memungkinkan tingkat perendaman yang lebih besar dalam kaset audio gim PS5," kata Hideaki Nishino, Wakil Presiden Senior, Pengalaman Platform, SIE dalam pengumumannya.

Jadi setelah mengetahui apa itu Dolby Atmos, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!