Bagikan:

JAKARTA – Teknologi audio mengalami banyak perkembangan selama beberapa tahun terakhir dan berbagai istilah baru terus bermunculan. Saat ini, ada banyak teknologi audio yang digunakan, salah satunya Dolby Atmos.

Anda mungkin merasa tidak asing dengan teknologi yang satu ini. Selain digunakan di bioskop dan televisi, sistem suara ini juga sudah ditambahkan ke dalam ponsel. Di era teknologi yang semakin maju, penting untuk mengetahui apa itu Dolby Atmos.

Mengutip dari Makeuseof, Dolby Atmos merupakan teknologi yang dikembangkan oleh Dolby Laboratories. Dengan menggunakan efek surround, Dolby Atmos akan menciptakan ilusi objek tiga dimensi dan membuat suara seperti sedang mengelilingi pendengarnya.

Sistem suara kitar ini menempatkan saluran ketinggian dan suara secara tepat sehingga audio yang dihasilkan sangat akurat dan sesuai dengan lingkungan yang diinginkan. Menariknya, Dolby Atmos bisa ditemukan di beberapa aplikasi yang menggunakan audio spasial.

Dolby Atmos bekerja dengan cara yang tidak biasa. Teknologi audio ini mengonfigurasi audio sebagai objek sehingga gerakannya tidak hanya berada di satu arah, yaitu vertikal dan horizontal, tetapi mengelilingi objek di dalam satu ruangan.

BACA JUGA:


Format audio ini memiliki 128 trek, sepuluh digunakan untuk membuat ambient stem, sedangkan sisanya membuat berbagai objek audio. Setiap objek dari Dolby Atmos akan membantu perangkat yang menggunakan teknologinya untuk memahami proses audionya.

Dengan canggihnya teknologi yang satu ini, Anda tidak perlu lagi repot-repot pergi ke bioskop untuk merasakan suaranya. Cara sederhana untuk merasakan Dolby Atmos adalah dengan mencari perangkat yang kompatibel, lalu aktifkan fitur tersebut.

Selain itu, ada beberapa aplikasi yang sudah mendukung penggunaan Dolby Atmos, dengan catatan perangkat Anda memang memiliki teknologi tersebut. Beberapa aplikasi itu adalah Amazon Prime, Netflix, Vudu, Tidal, dan Prime Music.