Coinbase Pertimbangkan Akuisisi FTX Europe untuk Perluas Pasar
Coinbase berencana akuisisi perusahaan kripto FTX cabang Eropa. (Foto; Dok. Tronweekly)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah FTX mengalami kebangkrutan pada bulan November 2022, FTX Europe menjadi satu-satunya pelaku di pasar Eropa yang menawarkan layanan perdagangan kripto dalam bentuk kontrak perpetual futures.

Informasi saja, kontrak perpetual futures adalah instrumen keuangan yang memungkinkan trader untuk memperdagangkan mata uang kripto dengan leverage tanpa memiliki aset fisiknya. Kontrak perpetual futures tidak memiliki tanggal kedaluwarsa dan memungkinkan posisi long (beli) atau posisi short (jual) dengan fleksibilitas yang tinggi.

Kabar terbaru mengungkapkan bahwa raksasa pertukaran kripto Coinbase sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk mengakuisisi FTX Europe setelah kejatuhan bursa tersebut pada tahun lalu. Meskipun pembicaraan mengenai akuisisi tersebut belum mencapai kesepakatan, minat Coinbase terhadap FTX Europe menyoroti betapa pentingnya derivatif dalam strategi global perusahaan.

Sementara volume perdagangan spot di pasar kripto mengalami penurunan yang signifikan, permintaan terhadap derivatif terus meningkat. Data dari perusahaan analitik kripto, Kaiko Research, menunjukkan bahwa volume derivatif dalam kuartal kedua tahun 2023 mencapai enam kali lipat volume perdagangan spot. Ini menunjukkan tren meningkatnya popularitas derivatif di kalangan investor kripto.

Sebelum mengalami kebangkrutan pada bulan November, FTX Europe menjadi satu-satunya entitas yang menawarkan derivatif kripto khusus, seperti perpetual futures, di pasar Eropa. Perusahaan ini telah memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk beroperasi di Eropa setelah mengakuisisi Digital Assets AG senilai $376 juta (Rp5,7 triliun) pada akhir tahun 2021.

Meskipun FTX Europe memiliki ribuan pengguna sebelum kebangkrutan perusahaan induknya, FTX, banyak yang menganggap lisensi derivatif sebagai salah satu alasan potensial untuk mengakuisisi sebagian dari aset FTX.

Tidak hanya FTX Europe, Coinbase sebelumnya juga berhasil mengakuisisi bursa FairX pada Januari 2022. Seorang juru bicara dari Coinbase mengungkapkan, "Kami selalu mengevaluasi peluang untuk mengembangkan bisnis kami secara strategis dan telah menjalin kontak dengan banyak tim di seluruh dunia."

Peluang Coinbase Akuisisi FTX Europe

Meskipun pembicaraan sebelumnya tentang akuisisi tidak berhasil mencapai kesepakatan, Coinbase masih aktif dalam melihat peluang akuisisi pada bulan September. Ini berarti bahwa kemungkinan Coinbase untuk mengakuisisi FTX Europe yang saat ini tidak aktif masih terbuka.

Menurut laporan Fortune, debitur FTX, yang dipimpin oleh mantan pejabat Enron John Ray III, berharap mendapatkan keuntungan maksimal dari penjualan aset FTX untuk memastikan pengembalian dana pengguna mereka. Oleh karena itu, tim tersebut berencana menunda penjualan selama mungkin. Akibatnya, batas waktu untuk menyelesaikan penjualan telah diperpanjang hingga 24 September.

Selain Coinbase, beberapa perusahaan kripto lainnya juga telah mengevaluasi kemungkinan untuk mengakuisisi FTX, termasuk nama-nama terkenal seperti Crypto.com, FTX FDM, dan Trek Labs. Debitur FTX terus mempertimbangkan apakah ada opsi yang layak untuk menjual beberapa atau semua aset bisnis FTX Europe.