Bagikan:

JAKARTA - Apple pada Selasa 12 September mengumumkan bahwa tiga model Apple Watch-nya akan tersedia dalam versi yang disebutnya sebagai versi ramah lingkungan dengan logo hijau baru pada kotaknya. Ini  berkat penggunaan energi terbarukan di pabrik-pabriknya dan pengiriman jam dengan jumlah penerbangan yang lebih sedikit.

Apple mentargetkan produk mereka menjadi netral karbon pada tahun 2030, termasuk rantai pasokannya. Penurunan emisi terbesar pada jam tangan baru ini berasal dari penggunaan listrik bersih dalam proses manufaktur mereka.

Pada Selasa lalu, Apple mengumumkan bahwa 300 pemasoknya sekarang telah berkomitmen untuk menggunakan energi bersih dalam proses manufaktur, sumber utama emisi dalam pembuatan Apple Watch.

Tetapi sumber emisi lainnya adalah jaringan transportasi cepat Apple, yang sangat bergantung pada pesawat terbang. Apple adalah pelopor dalam penggunaan pesawat untuk mengangkut barang elektronik konsumen dari pabrik-pabrik di China ke tujuan mereka di seluruh dunia, membantu mengurangi inventaris yang perlu dipegang dan meningkatkan keuntungannya.

"Untuk tiga jam tangan baru ini, setengah dari pengiriman berdasarkan berat, dari pabrik ke tujuan seperti pusat distribusi regional, akan dilakukan melalui kapal, kereta api, atau metode non-udara lainnya yang membakar lebih sedikit bahan bakar dan menciptakan emisi karbon yang lebih sedikit yang memanasinya," kata para eksekutif Apple dalam wawancara di markas Apple di Cupertino, California.

"Pengiriman melalui kapal memiliki 1/20 emisi dari pengiriman melalui udara," kata para eksekutif dalam acara peluncuran produk pada Selasa, dikutip Reuters.

Tiga versi jam tangan Apple Watch Series 9, Apple Watch SE, dan Apple Watch Ultra 2 yang berlabel hijau akan memiliki emisi lebih rendah daripada perkiraan dasar Apple berdasarkan produk sebelumnya, dan Apple akan membeli kredit karbon untuk emisi yang tersisa, kata Lisa Jackson, kepala upaya lingkungan dan tata kelola perusahaan.

"Secara teori, kami bisa melakukannya (membeli kredit), dan semuanya akan menjadi netral karbon, tetapi kami ingin benar-benar jelas bahwa kami mengambil tindakan dalam segala hal yang kami ketahui untuk mengurangi (emisi) dengan teknologi yang ada," kata Jackson.

Perusahaan sebelumnya mengatakan bahwa jam tangan Seri 8 menciptakan 33 kg (73 lb) emisi karbon, mulai dari bahan mentah hingga pengiriman ke pelanggan akhir.

Jam tangan Seri 9 aluminium yang lebih ramah lingkungan dengan tali gelang sport loop akan memiliki 8,1 kg (18 lb) emisi yang tersisa setelah perubahan Apple, dan perusahaan akan menutupi sisa itu dengan membeli kredit karbon. Dibandingkan dengan 29 kg (64 lb) emisi untuk versi stainless steel standar Seri 9 dengan tali yang sama.

Apple telah fokus pada pengurangan emisi karbon untuk waktu yang lama. Semua jam tangan baru, termasuk edisi standar, juga menggunakan paduan aluminium dan titanium khusus yang terbuat dari bahan daur ulang dan baterai yang hanya mengandung kobalt daur ulang, mineral yang penambangannya menimbulkan masalah iklim dan hak asasi manusia.

"Kami benar-benar berencana untuk meluncurkannya di lebih banyak produk Apple di masa depan," kata John Ternus, kepala teknik perangkat keras perusahaan, kepada Reuters. "Ketika kami maju dan berkomunikasi dengan pemasok tentang rantai pasokan bahan daur ulang ini, kami menemukan bahwa kami biasanya yang pertama berbicara tentang hal itu kepada mereka."

Jam tangan yang berlabel hijau ini akan dijual dengan harga yang sama dengan versi standar. Para eksekutif tidak memberikan komentar langsung tentang apakah mereka akan kurang menguntungkan daripada yang standar, tetapi Jackson mengatakan bahwa Apple fokus membuat perubahan yang dapat diadopsi oleh perusahaan itu dan bisnis lainnya di masa depan.

"Untuk membuat ini dapat diulang, itu tidak bisa menjadi premium, karena sebagian besar bisnis bersedia melakukan perubahan, tetapi mereka perlu tetap dapat menjalankan bisnis menghasilkan uang, membayar pekerja, dan membeli bahan-bahan mereka," kata Jackson.