Fitur Lock File di Google Workspace Memungkinkan Pengguna Mengunci File Mereka
Fitur lock files di Google Workspace (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google menambahkan fitur baru untuk pengguna Google Workspace, yang akan memungkinkan pengguna untuk dapat mengunci dokumen mereka , sehingga file tersebut tidak dapat diutak-atik oleh orang lain.

Disebut dengan lock files, fitur ini memberikan Anda kemampuan untuk mengunci file di Google Drive Anda, yang seharusnya bisa membantu mengurangi perubahan yang tidak diinginkan ketika berbagi dengan beberapa anggota tim.

Sebelumnya, Anda dapat mengunci dokumen atau file saat membagikannya, atau melalui panggilan Google Drive API. Tapi, fitur kunci baru ini akan menyederhanakannya.

"Pembaruan ini menyederhanakan dan merampingkan proses membatasi file di Drive, yang sebelumnya hanya tersedia melalui API Google Drive atau melalui persetujuan file," tulis Google di blog workspace nya, beberapa waktu lalu.

Cara Mengunci File di Google Drive

Jika Anda ingin mencoba fitur kunci file ini, Anda hanya perlu mengklik kanan kursor Anda pada file yang ingin dikunci. Kemudian pilih opsi File Information, dan langsung saja klik Lock

"Mengunci file memastikan pengulas tidak dapat mengubah file. Pengeditan, komentar, dan saran tidak dapat ditambahkan ke dokumen yang dikunci," jelas raksasa penelusuran itu.

Fitur penguncian file telah diluncurkan ke beberapa domain Rilis Cepat dan akan berlanjut selama 15 hari ke depan. Orang-orang di domain Rilis Terjadwal dapat berharap untuk mulai melihat fitur pada tanggal 20 September, dengan periode peluncuran 15 hari yang serupa.