Google Meluncurkan <i>eSignature</i> Beta untuk Google Docs dan Google Drive
Fitur eSignature di Google Docs (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah melakukan pengujian alpha pada Juni tahun lalu, Google sekarang mengumumkan peluncuran open beta fitur eSignature untuk Google Docs dan Google Drive. 

"eSignature sekarang tersedia sebagai beta terbuka untuk Google Workspace Individual pelanggan, tidak ada tambahan yang diperlukan untuk menggunakan fitur ini," tulis Google dalam pengumumannya Rabu, 9 Agustus di blog Workspace. 

Berdasarkan apa yang dibagikan, Google mengatakan bahwa fitur eSignature ini akan memungkinkan Anda untuk meminta dan menambahkan tanda tangan ke kontrak resmi, langsung di Google Docs. 

"Untuk solopreneur dan bisnis kecil, melacak kontrak, perjanjian pelanggan, dan dokumen pengikat lainnya dapat menjadi menantang," ungkap raksasa pencarian itu. 

Selain itu, Google juga berharap akan menambahkan kemampuan lain pada akhir tahun ini, mencakup:

  • jejak audit: semua kontrak yang telah selesai secara otomatis akan berisi laporan jejak audit
  • Multi-signer: kemampuan untuk meminta tanda tangan dari lebih dari satu pengguna
  • Pengguna non-Gmail: kemampuan untuk meminta eSignature dari pengguna non-Gmail
  • Memulai eSignature di PDF: kemampuan untuk memulai eSignature pada file PDF yang disimpan di Drive .

Sebagai catatan, Google akan meluncurkan fitur baru ini tanpa biaya untuk pengguna workspace individu selama 15 hari ke depan, mulai 8 Agustus. 

Jika Anda adalah pengguna grup, Anda dapat melihat dan menggunakan fitur eSignature ini jika admin Workspace Anda mendaftar untuk versi Beta. Untuk pendaftaran, Anda bisa langsung mengunjungi website workspace Google.