WhatsApp, WeChat, dan Facebook Messenger Dominasi Aplikasi Pesan Instan Dunia
Aplikasi pesan singkat semakin banyak digunakan di dunia. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pada bulan Januari 2023, menurut data yang dirilis Satista.com, sekitar dua miliar pengguna mengakses aplikasi pesan instan WhatsApp setiap bulannya. Aplikasi ini memiliki penetrasi penggunaan yang kuat, terutama di luar Amerika Serikat, dan merupakan salah satu aplikasi sosial seluler paling populer di seluruh dunia.

Sementara itu, WeChat dari China berhasil mengumpulkan lebih dari 1,3 miliar pengguna, sementara Facebook Messenger memiliki sekitar 930 juta pengguna di seluruh dunia.

Pesan instan adalah jenis obrolan online yang menawarkan transmisi teks real-time melalui internet. Sejak munculnya smartphone dan ledakan aplikasi seluler, aplikasi pesan dan obrolan sosial berbiaya rendah atau gratis telah terbukti sebagai alternatif yang lebih murah daripada pesan teks berbasis operator melalui SMS. Banyak aplikasi pesan menawarkan fitur seperti obrolan grup, pertukaran gambar, video, dan bahkan pesan audio, serta stiker atau emoticon.

Dalam laporan data, aplikasi pesan lainnya juga terlihat meraih popularitas yang signifikan, seperti Telegram dengan 700 juta pengguna, Snapchat dengan 635 juta pengguna, dan QQ dengan 574 juta pengguna. Fenomena ini mencerminkan betapa pentingnya komunikasi digital dalam kehidupan sehari-hari banyak orang di seluruh dunia.

Sebagai tambahan, komunikasi melalui pesan instan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya digital saat ini, dengan aplikasi seperti WhatsApp, WeChat, dan Facebook Messenger memainkan peran penting dalam menghubungkan orang-orang di seluruh dunia.